Akibat Covid-19 Tidak Ada Perayaan Imlek di Klenteng Boen Hay Bio

  • Whatsapp

TANGSEL, (vivabanten.com) – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) membuat perayaan tahun baru Imlek yang jatuh pada tanggal 12 Februari 2021 atau dalam kalender China 2572 berbeda dari sebelumnya. Pergantian tahun China ini tidak akan semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Rumah Tangga Klenteng Boen Hay Bio, Cilenggang, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Angki mengatakan, pada perayaan Imlek kali ini pihaknya mengatur jam ibadah untuk umat yang sembahyang di Klenteng yang berdiri sejak tahun 1634 ini.

Pengaturan jam tersebut, Angki menjelaskan, adalah untuk mencegah kerumunan yang dikhawatirkan menjadi penyebab penyebaran Covid 19.

“Imlek tahun ini jam sembahyangnya kita atur, biar umat bisa sembahyang secara bergantian. Terus kita juga sudah menyiapkan alat-alat untuk protokol kesehatan,” katanya kepada wartawan di Boen Hay Bio, Selasa (09/02/2021).

Dirinya menjelaskan, selain itu, pada perayaan imlek tahun Kerbau Logam ini juga pihaknya tidak mengadakan pesta.

Angki juga mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya, Klenteng yang sudah berumur 327 tahun ini selain membagi-bagikan sembako kepada orang yang membutuhkan, pihaknya juga menggelar pesta yang diramaikan dengan atraksi Barongsai, Lenong, dan juga Gambang.

“Yang berbeda dari tahun ini perayaan imlek tidak ada pesta, biasanya dipestain. Biasanya ada barongsai, gambang, sama lenong,” jelasnya.

Dirinya berharap, di tahun Kerbau Logam ini, seluruh umat mendapat kelancaran, kemakmuran dan juga pandemi Covid 19 cepat berlalu. “Kami berharap semoga pandemi cepat selesai, dan seluruh umat manusia mendapat kelancaran serta kemakmuran,” tandasnya. (*/joe)

  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.