4.550 Warga Negara Asing Diawasi

  • Whatsapp
Ilustrasi - Ribuan WNA. (Foto: Istimewa)

VIVABANTEN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan pegawasan terhadap 4.550 Warga Negara Asing (WNA). Ribuan WNA ini berstatus izin tinggal kunjungan terbatas dan tetap.

“Jumlah yang terdata di kami (Kesbangpol) ada 7.954 WNA itu tersebar di Tangerang Raya. Untuk di Kabupaten Tangerang ada 4.550 WNA. Mungkin ada saja yang tidak terdata seperti “manusia perahu” atau pengungsi terdampar dan lainnya. Namun mereka yang terdata akan kami awasi ketat,” kata Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tangerang Ahmad Hidayat, kemarin.

Bacaan Lainnya

Alasan pengawasan ketat ini kata hidayat, yakni ada potensi ancaman dari para WNA berupa budaya, narkoba dan sebagainya. “Kalau bicara tempat, wilayah Tangerang itu merupakan daerah transit karena ada Bandara dan akses lainnya. Jadi dia izin tinggalnya di Kabupaten Tangerang, tapi aktivitasnya bolak-balik semisal Tangerang Bandung atau Jakarta,” terangnya.

Pria berambut putih ini mengungkapkan, WNA yang tercatat memiliki izin tinggal kunjungan sebagai turis atau pebisnis dan lainnya hingga 17 Juli lalu ada 70 orang di wilayah Tangerang Raya. Kata dia, rinciannya yaitu 42 orang di Kabupaten Tangerang, 9 orang di Kota Tangerang, serta 19 orang di Kota Tangerang Selatan.

Selanjutnya, WNA yang memiliki izin tinggal terbatas yang kemungkinan berkerja sebagai teknisi dan lainnya dengan waktu selama dua bulan di wilayah Tangerang Raya totalnya ada 7.286 orang. Hingga 17 Juli lalu, jumlah mereka di Kabupaten Tangerang ada 4.158 orang, di Kota Tangerang ada 1.270 orang dan di Kota Tangerang Selatan ada 1.858 orang.

Kemudian kata Hidayat, WNA dengan izin tinggal tetap seperti memiliki rumah atau apartemen paling banyak ada di Kabupaten Tangerang yaitu 350 orang. Sedang di Kota Tangerang ada 81 orang dan di Kota Tangerang Selatan ada 167 orang. “Ya itu tadi, kalau ditotal khusus di Kabupaten Tangerang saja ada 4.550 orang,” imbuhnya.

Kasi Ketahanan Bangsa Kantor Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Roni menambahkan, meski secara spesifik ancaman terbuka tidak terlihat, namun pihaknya tetap waspada dan mengedepankan deteksi dini serta pencegahan dini. (jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.