Banksasuci 2 Susur Sungai Ciujung

  • Whatsapp

LEBAK, (VB) – Bank Sampah Sungai Ciujung (BANKSASUCI 2) melakukan susur Sungai Ciujung guna persiapan konservasi yang di inisiasi oleh Rochman Setiawan Pemerhati lingkungan Hidup sekaligus Direktur Banksasuci 2, bersama sejumlah komunitas di Banten.

Melalui ovservasi tersebut, dalam waktu dekat Banksasuci 2 akan melakukan Konservasi di tepian Sungai Ciujung Guna menjaga Ekosistem Sungai Ciujung.

“Bencana alam saat ini terjadi. Kami khawatir jika tepi sungai ciujung dan aliran airnya tidak dijaga, akan terjadi Bencana lebih besar yang tentu tidak kita inginkan bersama,” ujar Rohman.

Rohman menambahkan bahwa diketahui sumber limbah ciujung bersumber dari limbah domestik, oleh karenanya kedepan pihaknya akan segera mendirikan Bank Sampah di Tepi Sungai Ciujung.

“Bank Sampah merupakan bagian dari Edukasi kepada masyarakat di sekitar Ciujung, agar tidak lagi membuang sampah ke Sungai,” tambahnya.

Selain mendirikan bank Sampah, Rohman juga akan melakukan Konservasi dan Pengijauan di Tepi Sungai Ciujung.

“Iya, mudah-mudahan segera kita akan buat Taman Konservasi Ciujung, Sebagai Pusat Wisata Edukasi Taman Arboretum,” terangnya.

Bagi Rohman Menjaga ekosistem sungai ciujung bukan hanya tugas Pemerintah saja, tapi juga menjadi tanggung jawab bersama termasuk stakeholders terkait.

“Untuk membantu pengawasan Limbah, kami akan membentuk Ciujung Ranger Patrol, yang bertugas melakukan Patroli Limbah Sungai Ciujung, Perusah yang nakal kita laporkan, ” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan ini Kadis Pariwisata kabupaten Lebak Imam rismahayadin, mewakili pemerintah mengapresiasi kegiatan Observasi ini. “Kami berharap konservasi ini segera terwujud, dan pemkab Lebak siap memfasilitasi dan mensupport di regulasinya,” ucapnya.

Di tempat terpisah, A. Jazuli Abdillah Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Banten yang dikenal sebagai aktivis sosial di Tangerang Banten, mendukung acara tersebut dan siap membantu dan memfasilitasi dengan stake holder di Provinsi Banten.

“Kebetulan saya sudah lama kenal baik idealisme maupun karyanya dari komunitas Banksasuci. Buktinya, mampu menyulap tepian Sungai Cisadane berubah menjadi destinasi wisata edukasi di Tangerang,” tukasnya. (akw/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.