Banten Peringkat Enam Angka Kemiskinan

  • Whatsapp

SERANG, (vivabanten.com) – Berdasarkan hasil survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada akhir Desember 2018, angka kemiskinan di Provinsi Banten masuk dalam nomor 6 terendah di Indonesia dan nomor 2 terendah di Pulau Jawa. dengan angka kemiskinan di Provinsi Banten sebesar 5,25% atau sebanyak 668,74 ribu penduduk.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten, Agoes Soeno menjelaskan, secara nasional angka kemiskinan Banten berada di atas Provinsi DKI Jakarta 3,55%, Bali 3,91%, Kalimantan Selatan 4,65%, Bangka Belitung 4,77% dan Kalimantan Tengah 5,10%. Sedangkan di Pulau Jawa berada di atas Provinsi DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Agoes, angka kemiskinan di Banten masih berada jauh di bawah rata-rata nasional yang mencapai 9,66%, dan juga berada jauh di bawah  rata-rata kemiskinan di Pulau Jawa yang mencapai angka 8,79%.

“Saya kira, Banten harus memiliki program yang kemandirian. Sehingga masyarakat Banten tidak tergantung dengan lapangan kerja,” ungkapnnya, Rabu (16/01/2019).

Bahkan, terang Agoes, angka kemiskinan di Banten sangatlah berbeda jauh, dan berada di bawah rata-rata nasional yang mencapai 0,384 persen.  Angka ketimpangan terendah berada di Provinsi Bangka Belitung yaitu 0,272 persen. Sedangkan angka ketimpangan tertingi berada di Provinsi DI Yogyakarta 0,422 persen.

“Angka ketimpangan ini diukur berdasarkan angka nol sampai dengan 1. Ketika angka ketimpangan bergerak ke angka satu menunjukkan tingkat ketimpangan tinggi dan sebaliknya. Jadi Banten bisa dikatakan masih banyak masyarakat miskinnya,” tandasnya.(pais/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.