Banten Tuan Rumah Festival Hari Buku Nasional 2021

  • Whatsapp

SERANG, (vivabanten.com) – Pemprov Banten dan IKAPI Pusat menggelar Festival Hari Buku Nasional 2021, yang berlangsung mulai tanggal 26-30 Mei 2021 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten.

Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Arys Hilman Nugraha mengatakan, Festival Hari Buku Nasional 2021 ini, menghadirkan para penulis ternama.

Bacaan Lainnya

Arys menjelaskan, FHBN 2021 juga menampilkan diskusi dengan para pegiat literasi Banten, penampilan seni dari berbagai komunitas hingga diskusi mengenai Undang-Undang Sistem Perbukuan nasional yang dihadiri anggota DPR Ferdiansyah, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan pelaku perbukuan Bambang Wasito.

“Banten memiliki tokoh-tokoh literasi di masa lampau yang cukup berpengaruh seperti Syech Nawawi al-Bantani dan Husein Jayadiningrat. Banten juga memiliki tokoh literasi nasional yang sangat diperhitungkan dan sangat mewarnai gerakan literasi di Tanah Air,” kata Arys Hilman Nugraha, dalam acara pembukaan FHBN 2021 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Rabu (26/05/2021).

Arys menambahkan, bahwa penggerak dan aktivis literasi di Provinsi Banten tergolong aktif sekali.

“Secara indeks literasi, Banten satu kelas dengan Jakarta dan Jogja, dan di atas Jabar, Jateng, Jatim. Saya juga mengucaokan banyak terimakasih kepada penggerak dan aktivis lietrasi yang telah berjuang dengan ikhlas,” ujar Arys.

Arys menambahkan, transaksi atau belanja buku lebih diharapkan dari kalangan perusahaan.

“Iya, corporate. Soalnya masih pandemi. Pengunjung dibatasi,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan FHBN 2021 menyatakan komitmennya untuk ikut menyukseskan pergelaran itu.

Ia berharap festival ini menjadi pengingat akan kontribusi tokoh-tokoh seperti Syech Nawawi dan Husein Jayadiningrat.

“Saya berharap, FHBN 2021 di Banten ini, menjadi awal literasi dari Banten untuk dunia,” katanya.

Senada dengan Fatah Sulaiman, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy yang membuka langsung kegiatan FHBN 2021 di Banten, menyatakan dukungannya terhadap festival tersebut.

Sejak awal, Ia merekomendasikan kepada perusahaan dan masyarakat umum untuk terlibat dalam aksi “sejuta buku” yang nantinya akan disebarkan ke perpustakaan dan taman bacaan masyarakat.

Bahkan, Wagub akan ikut merayakan festival ini dengan meluncurkan buku yang ditulisnya berjudul “Yang Muda Yang Bekerja”.

Ia juga menegaskan, bahwa Provinsi Banten adalah daerah pertama yang memiliki Perda Literasi.

“Banten adalah Provinsi pertama di Indonesia yang memiliki Perda Literasi, dan nantinya akan diusulkan juga soal Pergubnya,” kata Andika.

Sementara itu, Mendikbud RI Nadiem Makarim dalam videonya mengajak masyarakat untuk lebih gemar membaca buku sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan.

“Kita semua pasti sudah tahu, bahwa buku adalah jendela dunia. Maka dari itu mari kita gerakan lagi untuk membaca,” tandasnya. (*/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.