Bayar Iuran JKN-KIS Tak Pernah Terasa Memberatkan

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) – Sakit bisa datang kapan saja, tidak mengenal waktu dan usia. Maka dari itu setiap orang butuh untuk melindungi diri dan keluarganya ketika sakit. Indonesia memiliki jaminan kesehatan yang kini bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Termasuk Edi yang sehari-hari bekerja di satu perusahaan di Tangerang, melindungi diri dan keluarganya dengan Program JKN-KIS.

“Saya bekerja dan perusahaan saya mendaftarkan kami ke Program JKN-KIS. Jadi, ketika saya sakit kami tinggal menunjukkan Kartu JKN-KIS saja. Seperti sekarang saya dirawat, saya dijamin BPJS. Saya ada keluhan di empedu, dari dokter informasinya ada semacam batu di dalam empedu saya,” ujar Edi di Rumah Sakit Sari Asih Sangiang Kota Tangerang.

Muat Lebih

Setiap bulan perusahaan melakukan pemotongan iuran dari gaji yang diterima Edi. Menurutnya, pemotongan iuran setiap bulan bukan hal yang memberatkan. Membayar iuran adalah kewajiban peserta. Jika tidak digunakan, iuran diberikan kepada peserta yang sakit. Ketika butuh berobat, sudah ada perlindungan dari Program JKN-KIS. Peserta bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif dari klinik, puskesmas maupun rumah sakit.

“Baru kali ini saya menggunakan kartu JKN-KIS untuk rawat inap. Tetapi kalau rawat jalan saya memang beberapa kali pernah menggunakan. Bagi saya pemotongan gaji untuk iuran bukan menjadi masalah, dipakai atau tidak dipakai memang harus mengiur. Memang sudah saya rencanakan sebelumnya, saya harus memiliki jaminan kesehatan. Jika kejadiannya seperti saya sekarang ini, kita tidak tahu berapa uang yang harus keluar. Dengan JKN-KIS, sakit jadi tidak memberatkan ekonomi kami,” ucap Edi.

Setelah rawat inap, Edi segera dijadwalkan untuk menjalani operasi pengangkatan empedu. Edi bersyukur tidak harus memikirkan biaya pengobatan selama ia sakit. Tidak terbayangkan bagi Edi untuk menanggung semua biaya perawatan dan operasi dengan biaya sendiri.

“Saya bersyukur tidak memikirkan uang untuk membayar biaya perawatan saya. Di rumah sakit ini pelayanan juga bagus. Dokter dan perawat ramah. Satu hal yang membuat saya terkesan, ada layanan doa yang diberikan kepada pasien disini. Saya rasa itu hal baik yang bisa membuat kami sebagai pasien lebih tenang dan punya keyakinan untuk sembuh dan sehat,” pungkasnya. (jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.