Bikin Akte Lahir Sehari Jadi di Festival Cisadane 2017

  • Whatsapp

VIVABANTEN-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang memberikan dispensasi kepada masyarakat Kota Tangeranga yang akan membuat akta kelahiran dengan sehari jadi di acara Festival Cisadane 2017, Sabtu (22/7).

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Ema mengatakan, semenjak dibuka stand Discapil masyarakat langsung menyerbu. Masyarakat sangat antusias untuk membuat akte kelahiran.

“Di hari pertama Festival Cisadane ini, ratusan warga menyerbu stand kami untuk membuat akte kelahiran,” ujar Ema kepada vivabanten.com.

Dijelaskan Ema, karena saking banyaknya masyarakat yang ingin membuat akte kelarihan dirinya membatasi kartu antrian hanya 500 orang.

“Dari 500 warga pendaftar ini, yang kami cetak sati hari jadi, hanya 200 pendaftar. Sisanya dicetak di kantor Disdukcapil,” kata Ema.

Masih menurut Ema, yang menjadi prioritas pencetakan akte sehari jadi di stand Festival Cisadane dari umur 0-17 bulan.

“Bagi masyarakat yang akan membuat akte lahir, hanya membawah KTP suami istri, Kartu Keluarga, Akte Nikah dan surat keterangan lahir dari rumah sakit atau bidan,” jelasnya.

Ema menambahkan, selain bisa cetak di stand Festival Cisadane 2017 ini, pembuatan akte lahir juga bisa dibuat melalui online, baik melalui kantor kelurahan maupun kecamatan.

“Pemerintah Kota Tangerang terus memberikan kemudahan kepada masyarakatnya dalam mengurus administrasi kependudukan. Untuk pembuatan akte lahir gratis, kecuali yang telah lewat 60 hari semenjak kelahiran maka terkena denda sebesar 50 ribu rupiah,” tukasnya.(jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.