BKPSDM Kota Tangerang Latih ASN Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) – Sebanyak 50 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) pada lingkup Pemerintahan Kota Tangerang diberikan pelatihan dalam penyusunan standar kompetensi jabatan.

Kegiatan pelatihan tersebut, digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang, dibuka langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah. Kegiatan ini juga diglar selama 5 (lima) hari, yang dimulai dari tanggal 24 sampai 28 Juni 2019 di ruang aula BKPSDM.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang, Akhmad Lutfi mengatakan, pelatihan penyusunan standar kompetensi pegawai tersebut, sejalan dengan program pemerintah yang mengingkan 2024 menuju Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki wawasan internasional.

“Penyusunan standar kompetensi ini ditujukan, agar pemerataan pegawai dapat terdistribusi dengan baik. Sehingga tidak akan bertumpuk lagi pegwai di suatu instansi,” ujar Lutfi kepada wartawan.

Menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang ini menyebutkan, ada tiga kunci kompetensi yang harus dimiliki oleh ASN yakni kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan sosial kultural.

“Sehingga saya berharap agar peserta pelatihan benar-benar memperhatikan materi, sehingga dalam penyusunan standar kompetensi pegawai ke depannya dapat lebih selektif sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucap Lutfi.

Lutfi menjelaskan, dalam pelatihan ini juga dirinya berharap terbentuk parameter yang dapat digunakan dalam mengukur kemampuan atau kompetensi pegawai secara komprehensif, akurat dan diakui oleh organisasi.

Dengan begitu, lanjutnya, setiap jabatan di instansi pemerintah memiliki standar kompetensi dan kualifikasi jabatan yang sesuai dengan tuntutan fungsi jabatan.

“Kegiatan pengembangan kompetensi pegawai ini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi sebuah organisasi Pemerintahan. Sehingga bisa mengembangkan kompetensi, skills ASN dalam pelaksanaan tugasnya menjadi lebih berkualitas dan produktivitas pun menjadi semakin meningkat,” tuturnya.

Masih menurut Lutfi, untuk itu diperlukan informasi pemetaan Kompetensi  ASN yang valid di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang, sehingga penentuan jenis jabatan dan pengembangan kompetensi ASN menjadi tepat sasaran.

“Untuk langkah awal penyusunan dokumen standar kompetensi ASN di Kota Tangerang yakni kami membentuk tim penyusun standar kompetensi jabatan,” tukasnya.

Realisasi upaya Pemerintah Kota Tangerang tersebut, sambung Lutfi, berbentuk pelatihan penyusunan standar kompetensi jabatan bagi pegawai BKPSDM, bagian Organisasi dan Tata Laksana, Assesor  serta Counter Part dari beberapa OPD.

“Kami berharap setelah mengikuti pelatihan tim penyusunan standar kompetensi jabatan memiliki bekal skills yang memadai, untuk dapat melaksanakan tugas membentuk dokumen standar kompetensi jabatan teknis ASN,” pungkasnya. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.