BMKG Pantau 73 Titik Panas di Sumbar

  • Whatsapp
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar lahan kawasan hutan, perbukitan Balai Gadang, Padang, Sumatera Barat. (Foto: Antara)

Vivabanten – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, saat ini ada 73 titik panas yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan di 10 provinsi di Pulau Sumatera. Saat ini sudah terpantau oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatra Barat.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Padang Budi Iman Samiaji mengungkapkan, titik panas sudah mulai terlihat di Riau, Jambi, Bengkulu, dan Sumatra Selatan.

Budi menilai, Sumatra Barat patut mewaspadai risiko peningkatan titik panas di provinsi lain terutama yang terletak di selatan dan tenggara Sumbar. Alasannya, sejak Ahad (23/7) lalu pola pergerakan arah angin mengalir dari arah tenggara menuju Sumatra Barat. Artinya, risiko kebakaran hutan dan lahan bisa saja merembet ke wilayah Sumatra Barat.

“Jika terjadi kebakaran lahan di wilayah Jambi, Bengkulu, dan Sumatra Selatan maka akan berdampak ke wilayah Sumatra Barat khususnya Sumatra Barat bagian selatan,” ujar Budi, Senin (24/7).

republika.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.