BPJS Kesehatan Siapkan Pcare Vaksinasi

  • Whatsapp
Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tangerang, Yudhi Wahyu Cahyono.saat acara Ngopi Bareng JKN bersama awak media.

KOTA TANGERANG, (vivabanten.com) – Guna mendukung upaya pemerintah dalam mengakhiri pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan menyediakan aplikasi Pcare Vaksinasi.

Demikian dikatakan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tangerang, Yudhi Wahyu Cahyono.saat acara Ngopi Bareng JKN bersama awak media, Rabu (15/09/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Yudhi Pcare Vaksinasi adalah bagian terintegrasi dari Sistem Satu Data Vaksinasi Covid-19. Aplikasi ini dimanfaatkan oleh fasilitas kesehatan untuk melakukan pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi.

Yudhi menjelaskan, data hasil input P-Care Vaksinasi akan terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

“Pcare Vaksinasi diperuntukkan bagi petugas vaksin dan fasilitas kesehatan. Melalui aplikasi ini pencatatan vaksin menjadi lebih mudah,” ujar Yudhi.

Tahapan vaksin seperti registrasi, screening, observasi kata Yudhi adalah setelah penyuntikan vaksin hingga penerbitan kartu vaksin bisa dilakukan melalui satu aplikasi.

Yudhi menambahkan, mengikuti perkembangan kebutuhan di lapangan, Pcare Vaksinasi mengalami beberapa perubahan.

Perubahan tersebut, sambung Yudhi, antara lain terkoneksinya Pcare Vaksinasi dengan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Ketika petugas melakukan pendaftaran sasaran vaksin, petugas cukup menginputkan NIK calon penerima vaksin kemudian akan muncul data seperti nama lengkap dan tanggal lahir. Perubahan ini diharapkan mampu memudahkan dan mempercepat kerja rekan-rekan di lapangan.

“Terkoneksinya aplikasi Pcare Vaksinasi dengan data Dukcapil adalah upaya kami untuk meminimalisir kesalahan data dan penginputan data yang kurang akurat. Jumlah sasaran vaksin sangat besar, maka dari itu integrasi data ini sangat penting dilakukan. Petugas cukup menginput NIK sasaran vaksin, lalu akan muncul data-data orang tersebut sesuai dengan data yang ada di Dukcapil. Di wilayah kerja kami Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, perubahan Pcare Vaksinasi ini sudah dimanfaatkan,” tandasnya.

Selain terkoneksinya Pcare Vaksinasi dengan data Dukcapil ujar Yudhi, BPJS Kesehatan juga sedang melakukan uji coba Pcare Vaksinasi versi mobile. Petugas vaksin tidak harus menggunakan laptop atau komputer karena Pcare Vaksinasi mobile bisa diakses melalui smartphone.

“Sementara ini uji coba Pcare Vaksinasi mobile baru dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta,” pungkasnya. (joe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.