Budi Euy Masih Istiqomah Mendongeng Keliling

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) – Budi Euy masih tetap istiqomah melaksanakan program mendongeng keliling. Kali ini ke SMPN 2 Sepatan, Kabupaten Tangerang.

Pertunjukan dongeng Kang Budi – demikian panggilan akrabnya – digelar di halaman sekolah sekitar pukul 10.00 Wib dan ditonton sekitar 300 siswa lebih.

Cerita yang diangkat masih seputar Nabi Musa dan Fir’aun, karena isinya masih kontekstual dengan problematika¬† kehidupan masyarakat modern saat ini.

“Sampai kapan pun kisah Nabi Musa dan Fir’aun akan tetap kontekstualitas dengan kehidupan manusia, karena manusia¬† selalu haus dan bahkan sering lupa diri akan kekayaan dan kekuasaan,” ungkap Budi Sabarudin — nama asli Budi Euy.

Para siswa yang duduk lesehan tampak begitu antusias dan terpukau menyaksikan dongeng yang dikemas Kang Budi dengan pertunjukan pola teater rakyat.

Dengan demikian pertunjukan dongeng Kang Budi menjadi sangat dekat dan akrab dengan penonton karena area pentas dan penonton nyaris tanpa jarak atau tanpa batas.

Dengan pola ini,  Kang Budi lebih bebas dalam mengembangkan cerita, menjadi lebih komunikatif dan suasananya pun terasa menjadi lebih hidup.

Kang Budi juga mengemas bahasa pertunjukanya pun begitu sederhana. Properti misalnya menggunakan alat-alat dapur.

Alat-alat itu difungsikan sebagai benda-benda imajiner, dan sebagian lainnya dijadikan sebagai alat-alat musik yang dipukul-pukul.

Salah seorang siswa tidak menyangka alat-alat dapur dijadikan properti pertunjukan oleh Kang Budi yang juga seorang jurnalis ini.

“Pertunjukan dongengnya keren. Saya tidak nyangka alat-alat dapur bisa juga dijadikan properti. Itu alat-alat keseharian kita,” katanya.

Sopyan, salah satu guru di sekolah tersebut, mengaku baru kali ini pihak sekolah memanggil seorang pendongeng.

“Alhamdulillah, pertunjukannnya bagus dan menghibur. Banyak pelajaran yang didapatkan dari pertunjukan dongeng Kang Budi,” paparnya. (jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.