Bupati Iti Sebut Ganti Rugi Lahan Karian Segera Bayar

  • Whatsapp
Iti Octavia Jayabaya, Bupati Lebak saat memimpin rapat koordinasi percepatan ganti rugi lahan Waduk Karian.

LEBAK, (vivabanten.com) – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) bakal segera melakukan pembayaran ganti rugi lahan warga terkena proyek pembangunan Waduk Karian. LMAN merupakan lembaga pemerintah dibawah Kementerian Keuangan RI.
“LMAN, kemarin datang. Minggu ini, mungkin sudah bisa dibayar,” ujar Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya kepada wartawan, Kamis (23/1/2020).
Menurut Iti Lembaga Manajemen Aset Negara akan membayar lahan warga yang sebelumnya sudah terverifikasi yang masuk dalam kawasan genangan Waduk Karian. Meliputi Kecamatan Maja, Sajira, Cimarga dan Rangkasbitung, khususnya yang terkena dampak bencana banjir bandang Sungai Ciberang.
“Bisa dibayar yang sudah terverifikasi, pemiliknya sudah buat pernyataan. Karena kalau sekarang kena banjir gak ada nilainya makanya dengan penegak hukum, ibaratnya proses pembayaran tetap sesuai hasil ukur sebelum bencana karena ini kejadian luar biasa,” jelasnya.
Iti menambahkan, pembayaran disesuaikan dengan ukuran sebelum bencana agar korban bencana tidak dirugikan.
“Bangunan rumah, sekolah sudah gak ada. Tanahnya jadi sungai, bencana banjir bandang ini lebih dahsyat dari tsunami,” tukasnya.
Iti menuturkan Waduk Karian bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air Banten dan DKI Jakarta.
“Pasca bencana, Presiden kesini, langsung rapat bersama tiga gubernur, kabupaten dan walikota. Makanya kami percepat pembayaran pembebasan lahan tergenang Waduk Karian,” pungkasnya. (kho/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.