Cuaca Buruk, Penghasilan Nelayan Berkurang

  • Whatsapp

SERANG, (vivabanten.com) – Tingginya ombak laut serta kencangnya angin pada saat ini, membuat hasil tangkapan ikan nelayan Karangantu Kota Serang berkurang.

Demikian dikatakan Roni (42) salah seorang nelayan Karangantu Kota Serang. Menurutnya, cuaca saat ini dimana ombak angin kencang memang sangat terpengaruh pada tangkapan hasil ikan laut.

Muat Lebih

“Ngaruh kang tangkapan ikannya. Berkurang pada cuaca angin ombak begini, sedikit dan sulit,” ujar Roni, Selasa (29/01/2019).

Untuk mengantisipasi perekonomian agar tetap berjalan kata Roni, dirinya mengalihkan tangkapan dari ikan ke tangkapan rajungan.

“Kalau cuaca seperti ini memang untuk mencari ikan sulit, namun untuk mencari rajungan cocok, walaupun dengan harga jual hasil tangkapan saat ini yang murah,” ucapnya.

Dengan keadaan ini, Roni berharap,ada campur tangan pemerintah daerah terkait kehidupan para nelayan, baik itu yang bersifat bantuan ataupun keterampilan usaha agar dapat tetap bisa mendapatkan penghasilan yang cukup ketika tangkapan ikan berkurang.

“Ya kalau bantuan mah ada setahun sekali yang saya tahu dari perikanan, cuma itu tidak dapat semuanya, hanya tertentu saja. Saya harap perhatian dari pemda dalam hal penyuluhan, keterampilan ataupun alat penangkap ikan atau jaring langsung ke para nelayan, karena itu merupakan alat pokok dari para nelayan untuk mencari ikan,” tandasnya.(pais/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.