Dinas Pertanahan Bahas Pinjam Pakai Lahan Yayasan Islamic Center

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pertanahan Kota Tangerang, Moch. Dikdik Suherdina saat memimpin rapat koordinasi antar OPD. (Foto : IST)
Kepala Dinas Pertanahan Kota Tangerang, Moch. Dikdik Suherdina saat memimpin rapat koordinasi antar OPD. (Foto : IST)

TANGERANG, (vivabanten.com) Dinas Pertanahan Kota Tangerang terus melakukan pendataan dan penertiban aset-aset Pemda, yang disewakan atau dikelola pihak swasta.

Seperti aset tanah milik Pemda yang berlokasi di Jalan Ciujung Raya nomor 4 Kelurahan Karawaci Baru, Kecamatan Karawaci, yang sekarang ini digunakan oleh Yayasan Islamic Centre untuk kegiatan belajar mengajar pendidikan dasar dan menengah (TK/SMP/SMA).

Bacaan Lainnya

Pada tahun 1999 telah dilakukan pinjam pakai oleh Pemda Kota Tangerang Kepada Yayasan Islamic Centre dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Walikota Tangerang Nomor : 028/Sk.147-Bag.-Sos/1999 yang dikeluarkan oleh Walikota Tangerang, H. Mochammad Thamrin, tentang persetujuan pinjam pakai gedung beserta fasilitas kelengkapan lainnya kepada Yayasan Islamic Centre.

Sesuai surat keputusan Walikota tersebut, menetapkan memberikan persetujuan kepada Yayasan Islamic Centre meminjam gedung beserta fasilitas kelengkapan lainnya milik Pemda Kota Tangerang. Pinjam pakai tersebut berlaku selama 20 tahun dan dapat diperpanjang, serta akan ditinjau kembali setiap 5 tahun sekali.

Bahwa pada tahun 2010, ketentuan pinjam pakai yang diberikan oleh Pemda dengan Yayasan Islamic Centre dicabut. Sehingga terbit Surat Keputusan Walikota Tangerang, H. Wahidin Halim dengan Nomor 028/Kep.54.1-Bag.Hukum/2010, tentang pencabutan surat keputusan Walikotamadya daerah tingkat II Tangerang Nomor :028/SK.147-Bag.Sos/1999 tentang persetujuan pinjam pakai gedung beserta fasilitas kelengkapan lainnya kepada Yayasan Islamic Centre.

Agar pinjam pakai tersebut tidak menjadi masalah dikemudian hari, pihak Dinas Pertanahan Kota Tangerang beserta stake holder lainnya yakni staf ahli bidang bidang hukum dan politik, badan pengelola keuangan daerah, dinas pendidikan, bagian hukum, Lurah Karawaci Baru, dan pihak Yayasan Islamic Center, melakukan rapat koordinasi untuk membahas sewa barang milik Pemda tersebut, yang dilaksanakan di ruang rapat Sekda Gedung Puspem Kota Tangerang, pada Selasa (10/10/2017

Kepala Dinas Pertanahan Kota Tangerang, Moch. Dikdik Suherdina mengatakan, bahwa segala sesuatu yang mengenai pemanfaatan tanah milik Pemda, baik antar instansi atau pun swasta harus sepengetahuan Dinas Pertanahan.

Menurut Dikdik Suherdina, bahwa salah satu tugas dan fungsi Dinas Pertanahan sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 67 tahun 2016 yaitu melaksanakan penertiban tanah milik Pemda dengan berkoordinasi kepada OPD/Instansi terkait.

“Tugas kami adalah untuk mendata dan menertibkan aset-aset tanah dan bangunan,” ujar Dikdik.

Kepala Bidang Aset pada Badan Pendapatan dan Keuangan Daerah, Deddy Nandoeng mengatakan, terkait aset tanah dan bangunan Yayasan Islamic Center saat ini tercatat pada Dinas Pendidikan sebagai pengguna barang.

Berdasarkan hasil laporan penilaian dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tangerang, bahwa Yayasan Islamic Center nilai wajar atas sewa sebagian tanah dan bangunan dengan luas penggunaan tanah 10.155 m2, dan luas penggunaan bangunan 1.442m2.

Menurut Deddy, berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 36 Tahun 2017 Pasal 24 (bentuk kelembagaan dan Penyewa), bahwa Yayasan Islamic Center termasuk dalam kategori II. Dengan besaran sewa untuk kelompok jenis kegiatan non usaha bisnis yakni kategori I sebesar 50% dan kategori II sebesar 40% .

Sementara itu Ketua Yayasan Islamic Center, mengaku terbentuknya yayasan bukan kemauan pihaknya, tapi diberi amanah dari Pemda untuk mengelola aset pemda, bahkan tidak ada bantuan dari Pemda dalam pembangunan Yayasan Islamic Center dari awal hingga sekarang.

“Islamic Center memiliki tujuan untuk mengembangkan masyarakat Islami yang berakhlakul karimah untuk kepentingan umat. Jelas Kami tidak mampu secara finansial atas temuan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tangerang,” jelasnya. (ADVERTORIAL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.