Dinas PUPR Segera Bangun Embung di Karang Tengah

  • Whatsapp
Ilustrasi Embung
Pembangunan embung di Karang Tengah
Ilustrasi Embung

TANGERANG, (vivabanten.com) – Pemkot Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2 Miliar untuk membangun embung di Kecamatan Karang Tengah. Pembangunan Embung tetterse guna mengatasi banjir akibat limpasan air dari Kali Angke.

Kepala Bidang Tata Air Dinas PU dan Tata Ruang, Taufik Syahzeni mengatakan, embung yang dibangun tersebut memiliki fungsi sebagai tempat penampungan air sementara. Sehingga, ketika terjadi limpasan air dari Kali Angke maupun debit air yang tinggi akibat curah hujan maka bisa ditampung di embung tersebut.

Bacaan Lainnya

“Jadi, embung itu sebagai tempat penampungan sementara dalam mengantisipasi terjadinya genangan dan banjir ke pemukiman warga,” ujarnya.

Taufik menjelaskan, pembangunan embung akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2018 dan menjadi bagian dari solusi mengatasi banjir di Karang Tengah.

Usaha lainnya yang dilaksanakan dalam mengatasi banjir di Karang Tengah pada tahun lalu adalah dengan membangun turap di Kali Angke.

Proses penurapan yang terus berjalan sejak beberapa tahun tersebut adalah bagian dari penanganan banjir di wilayah timur Kota Tangerang.

Selain itu, Pemkot Tangerang pun melengkapinya dengan sembilan pompa air yang siap memompa air yang limpas ke permukiman warga.

“Jika memang adanya banjir yang menggenangi pemukiman warga maka pompa yang ada siap dipergunakan. Jadi, usaha penanganan banjir ini terus berjalan,” katanya.(lutfi/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.