Dinas Sosial Kota Tangerang Berikan Penyuluhan PMKS Dan PSKS

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Masyati Yulia saat membuka penyuluhan PMKS Dan PSKS di Aula Gedung Cisadane lantai 4. (Foto : IST)
Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Masyati Yulia saat membuka penyuluhan PMKS Dan PSKS di Aula Gedung Cisadane lantai 4. (Foto : IST)

 

TANGERANG, (vivabanten.com) – Dinas Sosial Kota Tangerang menggelar penyuluhan sosial masyarakat terkait Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di Aula Gedung Cisadane, Kamis (9/11/2017).

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Masyati Yulia mengatakan, dengan adanya kesenjangan sosial yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya, maka terkait penyuluhan PMKS dan PSKS di Kota Tangerang ini sangat penting.

“Agar masalah PMKS dan PSKS, tidak menjadi masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Maka penyandang kedua masalah sosial tersebut, perlu diberikan penyuluhan,” ujar Masyati.

Menurut Masyati, biasanya gesekan sosial di masyarakat dikarenakan perbedaan kesejahteraan masyarakat dan juga karena sumber daya manusia yang belum memadai, sehingga untuk menggali potensi-potensi yang ada sangat minim.

“Maksud diselenggarakannya kegiatan ini agar PMKS dan PSKS, khusus lembaga pemberdayan masyarakat (LPM), pekerja sosial masyarakat (PSM) dan pendamping PKH dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial. Sehingga masyarakat dapat mengembangkan potensi yang ada dan dapat dijadikan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Peserta penyuluhan PMKS Dan PSKS saat mengikuti kegiatan. (Foto : IST)

 

Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang ini menambahkan masalah kesejahteraan di masyarakat bisa juga terjadi, karena adanya perbedaan pendapatan dalam masyarakat itu sendiri, sehingga akan menimbulkan adanya kecemburuan sosial yang berimflikasi terhadap tindakan sosial yang muaranya kepada kriminal.

“Kita harapkan melalui kesempatan penyuluhan ini, masyarakat mendapatkan gambaran akan potensi yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sehingga tidak menimbulkan masalah terhadap kesejahteraan sosial,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Kota Tangerang, HM. Juweni menambahkan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan bagi pilar-pilar sosial dalam penanganan masalah sosial,menyamakan persepsi yang sama pada masalah sosial dan mengoptimalkan potensi sosial dalam penanganan masalah sosial di Kota Tangerang.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini yakni, dari unsur LPM kelurahan sebanyak 104 orang, PSM se Kota Tangerang 104 orang, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan se Kota Tangerang 13 orang, pendamping PKH sebanyak 78 orang dan unsur kecamatan yang membidangi Kesehatan Masyarakat sebanyak 13 orang,” kata Juweni.

PPTK kegiatan penyuluhan PMKS dan PSKS, Iman Firmansyah saat mendata peserta. (Foto : IST)

 

Juweni menambahkan, penyuluhan ini juga bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan Kesejahteraan Sosial di Kota Tangerang dan mengupayakan peningkatan produktivitas, serta perluasan lapangan kerja bagi PMKS dengan mengoptimalkan SDM dan SDA juga partisipasi masyarakat.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) kegiatan penyuluhan PMKS dan PSKS Dinas Sosial Kota Tangerang, Iman Firmansyah menambahkan, kegiatan tersebut diselenggarakan dengan menggunakan dana APBD Perubahan tahun anggaran 2017 Kota Tangerang.

“Untuk narasumber kami datangkan dari Dinas Sosial Provinsi Banten dan Pusat Penyuluhan Sosial dari Kementerian Sosial. Mudah-mudahan melalui penyuluhan bisa menggali potensi-potensi yang ada di masyarakat dan bisa mempercepat pengentasan kemiskinan di Kota Tangerang,” pungkasnya. (ADVERTORIAL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.