Dinkes Gelar Gerakan Penemuan Tuberkulosis

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com)- Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar gerakan penemuan kasus Tuberkulosis (TBC) secara serentak di 104 kelurahan di Kota Tangerang.

Bacaan Lainnya

Gerakan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) yang jatuh pada tanggal 24 Maret setiap tahunnya.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Indri Bevy mengatakan TBC merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya dan sangat mudah penularannya. Penyakit ini dapat menyebar ke paru-paru dan otak sehingga perlu diantisipasi penyebarannya di Kota Tangerang.

“Untuk tahun ini temanya ‘Peduli TBC, Indonesia Sehat’ melalui aksi ‘Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC)’. Ada banyak rangkaian kegiatan yang kami lakukan untuk memperingati HTBS salah satunya Gerakan Penemuan Kasus TBC secara aktif di 104 kelurahan,” ujar Bevy.

Bevy menjelaskan, gerakan tersebut terintegrasi dengan program Cageur Jasa yang telah dimiliki Dinas Kesehatan Kota Tangerang. Gerakan tersebut serempak dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan para kader kesehatan.

“Targetnya petugas kami mendatangi 200 pintu per kelurahan untuk mengedukasi, menemukan orang terduga TB dan dirujuk ke Puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan dahak. Gerakan ini berlangsung sampai akhir Maret,” tandasnya.(jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.