Dinkes Peringati HLUN Dengan Gelar Lomba Tari Bagi Lansia

  • Whatsapp
Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat membuka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional.
Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat membuka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional.

>>Pemkot Tangerang Siapkan Rumah Jompo

TANGERANG (vivabanten.com) – Untuk memberikan hak-hak kepada masyarakatnya, khusus para lansia. Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kota Tangerang tahun 2018 dengan mengadakan berbagai lomba.

Acara yang bertema “Lansia Sehat Mandiri Diwujudkan Dari Keluarga Sehat” ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian pemerintah dan masyarakat dalam pemenuhan hak-hak lansia, pemberdayaan lansia dan mengedukasi lansia agar tetap sehat dan produktif di hari tuanya.

Bacaan Lainnya

Walikota Tangerang, H. Arief R Wismansyah yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, meminta kepada para lansia agar dapat selalu mengisi waktunya dengan berbagai kegiatan yang positif.

“Supaya badan dan pikiran tetap sehat, harus rajin beraktifitas yang positif,” ujar Arief pada acara yang digelar di Skate Park, Jl. M. Yamin, Tangerang, Minggu (22/7/2018).

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah didampingi sekda dan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Liza Puspadewi saat menyanyikan Mars Lansia.

Menurut Arief, acara yang dihadiri 500 lansia se-Kota Tangerang tersebut, mengungkapkan bahwa lansia tetap dapat berkontribusi terhadap proses pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang.

“Bapak dan ibu tetap bimbing kami dan jangan tinggalin kami yang muda–muda. Berikan kami yang muda-muda motivasi dan nasehat,” ucapnya Arief.

Arief menambahkan, Pemkot Tangerang memberikan perhatian bagi lansia yang kurang mendapat perhatian dari keluarga dan masyarakat sekitar tempat tinggalnya melalui fasilitas yang telah disediakan oleh Pemkot berupa rumah jompo.

“Kalau ada yang menemui lansia yang kurang diperhatikan bisa dilaporkan ke kami. Pemkot siap untuk memberikan perhatian penuh bagi mereka yang kurang diperhatikan oleh keluarganya,” tukasnya.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat memberikan penghargaan kepada lansia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi mengungkapkan, kegiatan hari lanjut usia untuk memberi semangat para lansia. Kegiatan dengan edukasi ini supaya lansia tetap beraktifitas dan sehat. “Mereka agar tetap semangat di usianya,” katanya.

Liza menjelaskan, untuk pemberikan layanan kesehatan kepada para lansia pihaknya telah menyediakan Posyandu, Posbindu dan Puskesmas.

“Saat ini ada 360 Posyandu yang selalu melayani kesehatan para lansia di Kota Tangerang. Ada Puskesmas Santun Lansia dan 351 Posyandu Lansia di setiap Kelurahan,” tutur Liza.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Tangerang drg Televisianingsih menambahkan, lansia itu orang yang usianya di atas 60 tahun. Mereka dilayani kesehatannya dan diberikan penyuluhan. Ini supaya mandiri dan sejahtera. “Jadi tidak selalu tergantung,” katanya.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat berfose bersama para juara lomba menari lansia.

Menurutnya, lansia juga tidak terkungkung di dalam rumah. Tetapi mereka punya aktifitas seperti bisa merajut dan mendaur ulang. Ini salah satunya dilakukan Pemerintah Kota Tangerang.

Pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kota Tangerang tahun 2018, pihaknya juga mengadakan lomba menari bagi para lansia.

“Untuk juara pertama diraih oleh kelompok lansia Kecamatan Cibodas, juara kedua diraih kelompok lansia Kecamatan Ciledug dan juara tiga diraih oleh kelompok lansia KecamatanLarangan,” tukasnya.(ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.