Dinkop UKM Banten Latih Pengusaha Kecil Berjualan online

  • Whatsapp
Dinkop UKM Banten

SERANG, (VB) – Guna mengembangkan usaha lokal di Banten, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Banten terus lakukan terobosan dalam hal pemasaran prodak Usaha Kecil qMenengah (UKM) yang salah satunya melalui pasar online.

Dari data BPS, ada sebanyak 153 ribu lebih pelaku usaha kecil diwilayah Banten dalam skala menengah dan 832 usaha mikro yang tersebar di delapan kabupaten dan kota di Banten.

“Kegiatan ini untuk menunjang teknik pemasaran prodak UMKM di Banten melalui pasar online, sehingga produk mereka bisa bersaing pada pasar internasional,” ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Banten, Tabrani usai membuka acara, Selasa (11/02/2020).

Menurut Tabrani, data usaha kecil menengah (UKM) yang ada di wilayah Banten, ada sebanyak 572 yang sudah ikut bergabung di toko online dengan jenis usaha yang beragam.

“Kalau jenis barang bisa jadi sama, tapi pelaku usahanya yang ikut dalam memasarkan prodaknya di toko online saat ini ada 572 pelaku usaha di Banten, yang telah kerjasama seperti bukalapak.com, belibeli.com, jne dan belanja.com,” kata Tabrani.

Tabrani menjelaskan, untuk target expor saat ini belum ada, namun ditahun ini ada empat jenis usaha yang sedang dilakukan verifikasi, diantaranya jenis minuman jahe merah, kemudian gula aren semut, kerajinan eceng gondok dan keripik pisang.

“Ada enam jenis usaha kecil lokal Banten yang dapat melakukan expor prodak saat ini, dan mudah- mudahan ditahun ini juga akan bisa ada prodak yang menyusul untuk pasar expor,” ucapnya.

Sementara itu, anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, Hj.Desy Yusandi menambahkan, usai hadiri acara tersebut berharap kedepan UMKM bisa lebih baik, dan dalam hal ini,terutama dalam hal anggaran, agar supaya dapat maksimal.

“Untuk anggarannya kita sesuaikan dengan permintaan dinas yang buat program nantinya. Kita hanya mendukung saja dalam hal kebutuhan anggaran yang mungkin selama ini tidak maksimal,” tukasnya. (pais/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.