Disperindag Dorong IKM Terapkan SNI untuk Tingkatkan Daya Saing Produk

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), memberikan sosialisasi kepada para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) terkait pentingnya kepemilikan Sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Off Room Gedung Cisadane Lantai 4 Jalan KS. Tubun Kota Tangerang, Selasa dan Rabu (09-10/04/2019). Dengan tema Pembinaan Peningkatan Kemampuan Teknologi melalui Penerapan SNI dengan tujuan meningkatkan kapasitas daya saing industri di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang, Agus Sugiono mengatakan, sosialisasi ini merupakan pelaksanaan kedua dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 100 peserta dari perwakilan para pelaku IKM se Kota Tangerang.

“Sosialisasi ini sangat penting, karena bagi para pelaku usaha dengan produk wajib SNI segera lakukan proses SNI sebelum dilakukan pemasaran, sedangkan bagi produk yang tidak wajib atau sukarela dapat mulai merintis proses SNI untuk meningkatkan kualitas produk dan daya saing produk baik ditingkat nasional dan internasional,” ujar Agus Sugiono kepada wartawan, Selasa (09/04).

Menurut Agus, Disperindag hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai fasilitator terkait pemenuhan standarisasi produk, sehingga mempunyai daya saing yang kuat.

Kota Tangerang memiliki IKM sebanyak 3.792 ini menjadi sangat penting bagi pemerintah untuk mendorong penerapan standarisasi bagi produk-produk IKM tersebut.

“Tujuan penerapan SNI ini adalah untuk meningkatkan jaminan mutu, efisiensi produksi, daya saing nasional, persaingan usaha yang sehat dan transparan dalam perdagangan, kepastian usaha, dan kemampuan pelaku usaha, serta kemampuan inovasi teknologi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Industri pada Disperindag Kota Tangerang, Wawan Kuswanto menambahkan, dengan memiliki SNI ini dapat meningkatkan perlindungan kepada konsumen, pelaku usaha, tenaga kerja dan masyarakat lainnya baik untuk keselamatan, keamanan, kesehatan maupun kelestarian lingkungan. Meningkatkan kepastian, kelancaran, dan efisiensi transaksi perdagangan barang dan/atau jasa di dalam negeri dan luar negeri

“Pelaku usaha atau IKM yang akan menerapkan SNI perlu mengetahui dan memahami substansi dan persyaratan standarnya serta manfaatnya. Penerapan SNI di UMKM dapat meningkatkan mutu produk, mengurangi jumlah produk gagal dan memperluas jangkauan pasar,” tukasnya. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.