Disperindag Lebak Tera Ulang Puluhan SPBU

  • Whatsapp

LEBAK, (VB) – Guna mewujudkan perlindungan terhadap kepentingan umum atau konsumen, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, memeriksa ukuran takaran di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

“Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk menjamin kebenaran pengukuran dan adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan  ukuran, standar satuan, metode pengukuran dan alat alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP),” ujar Kepala Dinas dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Dedi Rahmat kepada wartawan, Selasa (25/2/2020).

Muat Lebih

Menurut Dedi, kegiatan pengukuran SBPU tersebut sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 2 tahun 1981, tentang  Metrologi Legal,  Permendag nomor  67 tahun  2018 tentang  alat-alat ukur, takar,  timbang  dan perlengkapannya  yang  wajib  ditera dan ditera  ulang.

Dedi menjelaskan, pemeriksaan ini juga berdasarkan Permendag nomor 68 tahun 2018, tentang tera dan tera ulang alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya.

“Untuk agenda hari ini (Selasa-red) unit metrologi legal Kabupaten Lebak  melaksanakan  pelayanan  tera  ulang  di SPBU  34.423.15 Kalanganyar di Kecamatan Kalang Anyar sebanyak 10 nozzle,” ucapnya.

Dedi memambahkan, pelaksanaan tera ulang di SPBU ini dilaksanakan  setiap setahun sekali.

“Tera ulang ini dengan tujuan untuk memastikan takaran nya masih dalam BKD (Batas Kesalahan yang Diijinkan) dalam rangka perlindungan konsumen,” pungkasnya. (mas/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.