Disperkimta Tangsel Minta Masyarakat Lapor Jika Ada PJU Padam

  • Whatsapp

TANGSEL, (vivabanten.com) – Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel, meminta kepada masyarakat agar segera melaporkan jika ditemukan ada lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang padam atau mati.

Mengingat, wilayah Kota Tangerang Selatan yang sangat luas dan banyaknya ribuan titik PJU yang tersebar di seluruh jalan-jalan se Kota Tangsel. Untuk itu, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan agar petugas segera mengatasi matinya PJU secara cepat.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel Muhamad Saleh Musa, belum lama ini.

Menurut Muhamad Saleh Musa, dengan selalu terpasangnya lampu PJU di jalan-jalan yang ramai lalu lintasnya, dapat meminimalisir terjadi kecelakaan atau kriminalitas.

Namun, karena wilayah PJU di Tangsel cukup luas, ada saja lampu  PJU yang mati akibat hujan atau gangguan teknik lainnya sehingga jalanan menjadi gelap bila malam.

“Petugas kami akan segera merespon dengan memperbaikinya. Kami memiliki alat yang memadai,” ujar Muhamad Saleh Musa.

Musa menjelaskan, ada beberapa cara untuk melapor jika menemukan kondisi jalan gelap lantaran lampunya mati atau  karena memang belum memiliki penerangan.

“Bisa telepon ke call centre kita atau mengirimkan surat dari RT/ RW,” ucap Musa di kantornya.

Masih menurut Musa, untuk call centre-nya, warga Tangsel dapat menghubungi nomor: 0877 7123 4599. Tak hanya itu, jika melalui surat bisa langsung dikirim ke kantor Bidang PJU dan Pemakaman di Gedung III Pemerintahan Kota Tangsel Jln Maruga Raya No 1, Sarua, Ciputat.

Musa mengakui, kondisi jalan yang gelap kerap berpotensi menimbulkan kriminalitas. Oleh karena itu, dirinya mengajak peran serta masyarakat untuk bekerja sama bersama Bidang PJU Disperkimta.

“Siapa saja boleh lapor, kalau memang ada,” tuturnya seraya menambahkan pihaknya memiliki petugas yang siap menangani.

Musa menambahkan, pihaknya memiliki tim monitor yang bertugas memantau PJU. Namun luasnya wilayah, masyarakat diharap peduli dan berpartisipasi  lingkungan membantu jika melihat ada jalan yang gelap.

Agar Kota Tangsel sesuai program RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ) pihak Disperkimta  terus memasang PJU.  Tahun  2018  sudah meliputi 2000 titik atau 222 lokasi pembangunan dan pemeliharaan PJU di Tangsel

“Di tahun 2017 lalu, terdapat 3.509 titik pembangunan PJU. Sedangkan pada tahun 2016 mencapai 3.310 titik,” tutur Musa.

Sementara 2019 sebanyak 3.990 unit lampu penerangan jalan umum (PJU) akan dipasang untuk menerangi 205 jalan lingkungan yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Pemasangan lampu PJU ini merupakan usulan dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Rinciannya, di wilayah Serpong ada 27 lokasi, Pamulang 21 lokasi, Ciputat 28 lokasi, Serpong Utara 26 lokasi, Ciputat Timur 19 lokasi, Setu 20 lokasi dan Pondok Aren sebanyak 58 lokasi yang akan dipasang pada akhir Februari hingga Desember 2019.

“Tahun ini, prioritas unit PJU jalan lingkungan, setelah jalan-jalan arteri, kolektor, dan jalan lokal yang telah selesai,” jelas Musa.

Dikatakan Musa, setelah unit PJU di jalan-jalan telah terpasang, pihaknya tinggal melakukan peningkatan dan perawatan sesuai dengan kebutuhan.

Ada 5 mobil keliling untuk  pemantauan dan pemeliharaan 22.010 unit PJU yang terpasang.

“Disamping perbaikan rutin, kami memiliki petugas  piket malam untuk meminimaliasir PJU mati,” pungkasnya. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.