vivabanten.com https://vivabanten.com Mengupas Berita Sesuai Fakta Mon, 29 Jun 2020 02:32:19 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.2 https://vivabanten.com/wp-content/uploads/cropped-Icon-vivabanten-1-60x60.png vivabanten.com https://vivabanten.com 32 32 PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Luncurkan Pembayaran Empat External Payment Point https://vivabanten.com/pdam-tirta-benteng-kota-tangerang-luncurkan-pembayaran-empat-external-payment-point/ https://vivabanten.com/pdam-tirta-benteng-kota-tangerang-luncurkan-pembayaran-empat-external-payment-point/#respond Mon, 29 Jun 2020 02:30:48 +0000 https://vivabanten.com/?p=11675 TANGERANG, (vivabanten.com) – GUNA memberikan pelayanana bagi para pelanggannya dalam melakukan pembayaran rekening air, Perusahaan […]

The post PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Luncurkan Pembayaran Empat External Payment Point appeared first on vivabanten.com.

]]>
TANGERANG, (vivabanten.com) – GUNA memberikan pelayanana bagi para pelanggannya dalam melakukan pembayaran rekening air, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang meluncurkan pembayaran melalui Payment Point.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Sumarya mengatakan, adapun tujuan diluncurkannya pelayanan External Payment Point yakni memudahkan pelanggan melakukan pembayaran lebih praktis, tidak harus mengantri dan tidak harus mendatangi loket pembayaran di kantor PDAM Tirta Benteng.

Menurut Sumarya, ke empat External Payment Point PDAM Tirta Benteng yang diluncurkannya tersebut yakni melalui Perbankan, Aplikasi Bayar Online, Supermarket dan PPOB.

“Melalui empat External Payment Point ini akan lebih praktis dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran rekening air,” ujar Dirut PDAM Tirta Benteng, Sumarya, Jumat (26/06/2020).

Sumarya menjelaskan, para pelanggan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang sekarang bisa melakukan  membayar tagihannya melalui Perbankan via ATM Bank Mandiri, OCBC NISP, Bank BJB dan BJB Syariah.

Kemudian sambung Sumarya, melalui aplikasi bayar online pelanggan bisa membayar di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, Link Aja, epulsa dan PDAM Info.

“Semuanya bisa didownload di PlayStore HP Android,” kata Sumarya.

Masih menurut Sumarya, untuk pembayaran juga bisa dilakukan di minimarket atau Gerai Bayar/PPOB seperti Indomaret, Alfamart, Alfa Midi, LAWSON STATION, DAN-DAN serta Post Indonesia.

Sumarya berharap, agar para pelanggan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang dapat membayar tagihan tepat waktu, dari tanggal 1-25 setiap bulannya sehingga terhindar dari biaya denda.

“Jika pelanggan menunggak pembayaran selama tiga bulan berturut-turut, maka petugas kami akan melakukan pemutusan sambungan aliran air, tanpa harus ada pemberitahuan terlebih dahulu,” pungkasnya. (ADV)

The post PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Luncurkan Pembayaran Empat External Payment Point appeared first on vivabanten.com.

]]>
https://vivabanten.com/pdam-tirta-benteng-kota-tangerang-luncurkan-pembayaran-empat-external-payment-point/feed/ 0
Peringati HANI Tahun 2020 Ditandai Pelepasan Balon Udara https://vivabanten.com/peringati-hani-tahun-2020-ditandai-pelepasan-balon-udara/ https://vivabanten.com/peringati-hani-tahun-2020-ditandai-pelepasan-balon-udara/#respond Sun, 28 Jun 2020 23:40:41 +0000 https://vivabanten.com/?p=11668 Kab. Tangerang, (vivabanten.com) – Peringati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2020 tingkat Kabupaten Tangerang […]

The post Peringati HANI Tahun 2020 Ditandai Pelepasan Balon Udara appeared first on vivabanten.com.

]]>
Kab. Tangerang, (vivabanten.com) – Peringati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2020 tingkat Kabupaten Tangerang ditandai pelepasan balon udara oleh Wakil Bupati Tangerang, bertempat di halaman Kantor Bupati Tangerang.

Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli mengatakan, biasanya pringatan ini kita laksanakan dengan upacara namun dengan kondisi pandemi ini kita melaksanakan peringatan Hani hanya secara simbolis saja dengan Protokol Kesehatan.

Lanjut Mad Romli, momentum Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional ini sebagai momen yang tepat untuk menggugah kepedulian kita semua terhadap penyalahgunaan narkotika di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Saya mengajak kepada seluruh aparatur pemerintah Kabupaten Tangerang untuk turut serta mencegah dan berpartisipasi aktif dalam memerangi peredaran narkotika di lingkungan rumahnya masing-masing,”  ucap Mad Romli.

H Dedi Sutardi selaku Kepala BNK Kabupaten Tangerang mengatakan, Setiap Tahunnya kita selalu memperingati Hani ini namun dalam pandemi Covid-19 ini kita hanya simbolis aja yaitu dengan pelepasan balon oleh Wakil Bupati Tangerang

“Simbolis ini saya Harapkan kita selalu di ingatkan bahwa bahaya penyalahgunaan narkoba masih terus meraja lela dan Harus kita hadapi bersama-sama” Kata Dedi.

Dedi juga mengatakan, Kita bersama masyarakat Kab. tangerang harus sama-sama untuk mengantisipasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan ajakan marilah kita wujudkan Kabupaten Tangerang Gemilang tanpa Narkoba.

“saya berterima kasih kepada Pemkab Tangerang, Polri dan TNI juga jajaran BNK dari Kabupaten Tangerang yang senantiasa terus memberikan kontribusi dalam melakukan pencegahan dan penyalahgunaan Narkotika di Kab. Tangerang,” tutur Dedi. (*/jojo)

The post Peringati HANI Tahun 2020 Ditandai Pelepasan Balon Udara appeared first on vivabanten.com.

]]>
https://vivabanten.com/peringati-hani-tahun-2020-ditandai-pelepasan-balon-udara/feed/ 0
PSBB Se Tangerang Raya Jilid Lima Lebih Longgar https://vivabanten.com/psbb-se-tangerang-raya-jilid-lima-lebih-longgar/ https://vivabanten.com/psbb-se-tangerang-raya-jilid-lima-lebih-longgar/#respond Sun, 28 Jun 2020 23:35:46 +0000 https://vivabanten.com/?p=11666 TANGERANG, (vivabanten.com) – Penyebaran pandemi Covid-19 hingga akhir Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid empat […]

The post PSBB Se Tangerang Raya Jilid Lima Lebih Longgar appeared first on vivabanten.com.

]]>
TANGERANG, (vivabanten.com) – Penyebaran pandemi Covid-19 hingga akhir Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid empat belum bisa diatasi oleh tiga wilayah di Provinsi Banten, yakni Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kabupaten Tangerang.
Keadaan tersebut membuat Gubernur Banten, Wahidin Halim bersama ketiga kepala daerah yaitu Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, Walikota Tangsel, Airin Rahmi Diany dan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengeluarkan keputusan bersama memperpanjang PSBB hingga 12 Juli 2020.
“Sepakat PSBB diperpanjang untuk Tangerang Raya, dengan kelonggaran-kelonggaran yang tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Gubernur Banten, Wahidin Halim melalui keterangan tertulis resmi yang diterima redaksi Tangerang Raya Media, Minggu (28/06/2020).
Menurut orang nomor satu di Provinsi Banten tersebut, Keputusan perpanjang penerapan PSBB disepakati bersama dengan tiga pimpinan daerah Tangerang Raya saat melakukan rapat melalui video conference.
Wahidin mengatakan, alasan PSBB diperpanjang lantaran masih adanya masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan di tempat-tempat umum.
Dijelaskannya, PSBB kali ini akan difokuskan untuk mendisiplinkan penggunaan masker dan social distancing menjelang pemberlakuan new normal.
“Seperti halnya dipasar tradisional masih adanya ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan, ada yang menggunakan masker tapi belum melalakukan sosial distancing,” tegas Gubernur WH.
Gubernur menjelaskan untuk keluhan sosial kemasyarakatan, perlu dilakukan konsolidasi dan koordinasi untuk lebih terperinci dikoordinir oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait. Termasuk di antaranya soal persiapan menghadapi sholat Iedul Adha serta potong hewan qurban. Hal-hal seperti ini akan secara rinci dimasukkan dalam Pergub yang akan ditetapkan segera.
Masih menurut Gubernur, berdasarkan pantauannya, pasar modern relatif patuh pada protokol kesehatan. Tapi sebaliknya, pasar tradisional, persoalan memang social distancing dan juga fasilitas cuci tangan yang belum merata. Ada tapi tidak merata atau ada tapi tidak tersosialisasi dengan baik.
“Jadi pasar tradisional ini, relatif perlu perhatian khusus,” ucapnya.
Gubernur Banten menyatakan informasi aktual pelaksanaan PSBB dari bupati/walikota menjadi bahan dalam menetapkan langkah dan kebijakan untuk hari ini dan ke depan.
Gubernur mengapresiasi para Kepala Daerah di wilayah Banten, jika selama ini perekonomian masih berjalan dengan stabil.
“Lainnya, kuartal ketiga yang seharusnya mulai terasa saat pandemi, tapi di tengah krisis aktivitas masyarakat tidak berkurang. Untuk belanja sehari-hari, berdasarkan survei, masyarakat relatif cukup berkemampuan,” ungkap Gubernur.
Namun, kata Gubernur, dilain pihak ada aktivitas masyarakat yang menjadikannya senang dan merasa bangga dengan sosialisasi dan terbiasa dengan melaksanakan protokol kesehatan.
“Misalnya, masyarakat sudah terbiasa menggunakan masker ke mana mana. Di jalan, di toko, dan sebagainya,” ungkapnya.
Namun, diakuinya, memang masih ada aktivitas masyarakat, gerakan-gerakan masyarakat meskipun pakai masker namun tidak social distancing.
Tapi yang menggembirakan, imbuh Gubernur, walau fluktuatif dari hasil rapid test secara masal maupun dalam jumlah tertentu, persentase yang reaktif sangat kecil.
“Jadi memang, upaya Pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan dan juga di dalamnya upaya pemerintah baik kota/ kabupaten yang ada di Provinsi Banten telah berusaha keras dalam menyediakan fasilitas untuk penanggulangan pandemi ini. Sehingga bisa memberikan dampak yang positif di masyarakat,” pungkasnya.
Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan, pada PSBB jelang new normal ini, ada usulan pelonggaran operasional mal yang tadinya beroperasi sampai pukul 18.00 WIB, diusulkan lebih malam hingga pukul 20.00 WIB.
Pelonggaran aktivitas lain juga diusulkan untuk resepsi pernikahan, dan event olahraga tanpa penonton dan pelonggaran kegiatan di pondok pesantren yang mulai diperbolehkan.

Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar. (Foto: Istimewa)

“Kita harus pertahankan prilaku masyarakat dalam menggunakan masker, dan penerapan protokol kesehatan, walau di PSBB ada kelonggaan-kelonggaran,” kata Zaki.
Senada diungkapkan, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah. Menurut Arief, ada aturan pelonggaran dalam perpanjangan PSBB kali ini. Di antaranya pusat perbelanjaan boleh beroperasi dan restoran diizinkan makan di tempat.
“Beberapa fasilitas umum lainnya yang beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan,” kata Arief.
Arief menuturkan, penerapan PSBB untuk di Kota Tangerang sudah yang ke lima kalinya diberlakukan. Pihaknya tetap menerapkan konsep pembatasan sosial berskala lokal (PSBL) atau berbasis lingkungan RT/RW, karena terbukti bisa menekan jumlah zona merah yang ada di Kota Tangerang.
“Ini terbukti, dari yang awal kasus ini ada, terdapat 250-an RW, kemudian turun menjadi 60 RW yang menerapkan PSBL. Rinciannya 12 RW masih zona merah, 48 lagi zona kuning,” jelasnya.
Arief mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, terlebih bila beraktifitas di luar rumah.
“Tetap rajin cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker dan jaga jarak,” tandasnya.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Sementara itu, Pemkot Tangsel akan mulai melakukan evaluasi terkait pelaksanaan PSBB pada esok hari Senin 29 Juni (hari ini-red), dan hasil evaluasi akan diputuskan perpanjangan atau berakhir.
“Nanti malam akan dievaluasi oleh Ibu Walikota dengan semua tim gugus tugas,” ujar Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie ketika dihubungi wartawan, Minggu (28/06/2020).
Menurut Benyamin, pihaknya belum bisa memastikan apakah PSBB di wilayahnya akan berakhir atau kembali diperpanjang. Namun, dia memastikan bahwa Surat Keputusan Walikota Tangerang Selatan terkait pelaksanaan PSBB akan selesai Senin besok.
“Tunggu evaluasi, kan jam 24.00 berakhirnya, (kemudian) dibuatkan dulu Kepwalnya kalau akan ada perpanjangan. Besok insyaallah selesai,” ungkapnya.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Menyamin Davnie saat membuka Musrenbang Kelurahan Lengkong Gedong.

Pria yang akrab di sapa Ben itu menjelaskan, bahwa ada beberapa hal yang menjadi fokus dalam evaluasi pelaksanaan PSBB di Tangerang Selatan. Mulai dari angka penambahan kasus positif Covid-19 dan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap aturan PSBB.
“Kasus itu landai atau tidak, tingkat kepatuhan PSBB-nya. Sampai Sabtu kemarin baru 78 persen angka kepatuhannya masyarakat. Target kita menyentuh 90 persenan,” tuturnya.
Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten per 27 Juni 2020 terdapat 1.275 kasus positif di mana angka kesembuhan mencapai 866 atau sekitar 67,93 persen. (*/jojo)

The post PSBB Se Tangerang Raya Jilid Lima Lebih Longgar appeared first on vivabanten.com.

]]>
https://vivabanten.com/psbb-se-tangerang-raya-jilid-lima-lebih-longgar/feed/ 0
Aksi Pencegahan Korupsi Pemprov Banten Terbaik Ketiga Versi KPK https://vivabanten.com/aksi-pencegahan-korupsi-pemprov-banten-terbaik-ketiga-versi-kpk/ https://vivabanten.com/aksi-pencegahan-korupsi-pemprov-banten-terbaik-ketiga-versi-kpk/#respond Sun, 28 Jun 2020 23:30:32 +0000 https://vivabanten.com/?p=11662 CAPTION: Andika Hazrumy, Wakil Gubernur Banten. SERANG, (vivabanten.com) – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, […]

The post Aksi Pencegahan Korupsi Pemprov Banten Terbaik Ketiga Versi KPK appeared first on vivabanten.com.

]]>
CAPTION: Andika Hazrumy, Wakil Gubernur Banten.

SERANG, (vivabanten.com) – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, bahwa tahun 2020 KPK membuat penilaian dengan menampilkan dashboard yang berisi tentang informasi progress tindak lanjut rencana aksi pencegahan korupsi di tingkat nasional. Didalamnya, Pemprov Banten masuk dalam urutan ketiga terbaik Nasional.
“Dari 34 provinsi, Provinsi Banten masuk dalam urutan ketiga terbaik dengan bobot 82%, setelah DKI Jakarta dan DI Yogyakarta,” ujar Wagub Andika Hazrumy saat membacakan Pidato Jawaban Gubernur Banten atas Tanggapan Fraksi-fraksi DPRD Banten terhadap Nota Pengantar Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019, dalam rapat paripura DPRD dengan agenda tersebut di ruang rapat paripurna DPRD Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Jum’at (26/06/2020).
Rapat paripurna yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Banten Andra Soni. Sementara Wagub yang hadir mewakili Gubernur Banten Wahidin Halim didampingi Sekretaris Daerah Pemprov Banten Al Muktabar.
Hal itu diungkapkan Wagub untuk menjawab tanggapan sejumlah fraksi DPRD sebelumnya yang mempertanyakan terkait pengelolaan aset Pemprov Banten.
Kata Wagub, pencapaian tematik dalam bidang manajemen aset daerah sampai dengan akhir tahun 2019 Pemprov Banten memiliki total tanah 1.022 bidang, dengan rincian telah bersertifikat sejumlah 263 bidang, belum bersertifikat sejumlah 759 bidang, sehingga aset yang telah bersertifikat 25,73%.
Lebih jauh, Wagub menjelaskan bahwa upaya yang telah dilakukan Pemprov Banten dalam rangka percepatan pensertifikatan dan penyelesaian aset bermasalah diantaranya adalah melakukan nota kesepahaman dengan Kanwil BPN Banten tentang pendaftaran tanah, penanganan permasalahan barang milik daerah berupa tanah yang dimiliki/dikuasai.
Terkait inventarisasi aset ini, ujar Wagub, Pemprov Banten juga telah melakukan pendaftaran tanah melalui program PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap), serta melakukan nota kesepahaman dengan Kejati Banten tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara dan membuat SKK (surat kuasa khusus).

Realisasi Pendapatan

Mengenai tidak tercapainya realisasi pendapatan daerah yang ditanyakan sejumlah fraksi DPRD sebelumnya, Wagub mengatakan, hal itu diantaranya disebabkan oleh adanya kebijakan Permenakes tentang tata cara pemotongan pajak rokok sebagai kontribusi dukungan program jaminan kesehatan, yang mempersyaratkan adanya pemotongan atas realisasi pajak rokok sebagai pembayaran kontribusi ke BPJS Kesehatan.
Selain itu, kata Wagub, hal itu juga disebabkan oleh pendapatan transfer dari bagi hasil pph pasal 25 dan pph pasal 29 wajib pajak orang pribadi dalam negeri dan pph pasal 21 menurun. “Dikarenakan adanya perubahan rincian dana bagi hasil dan penyaluran dana bagi hasil triwulan IV tahun anggaran 2019 sesuai dengan Permenkeu 180/pmk.07/2019,” imbuhnya.
Meski begitu, lanjutnya, langkah-langkah intensifikasi dan ekstensifikasi dalam menggali potensi pendapatan asli daerah terus dilakukan. Wagub menyebut, optimalisasi pendapatan asli daerah dari sektor pajak daerah khususnya PKB dan BBNKB terus dilakukan dengan kegiatan intensifikasi pajak daerah seperti diseminasi pajak daerah ke perguruan tinggi atau universitas bersama Polda Banten dan Polda Metrojaya dan Jasa Raharja Banten.
Wagub mengatakan, Pemprov Banten juga sudah melakukan penelusuran dan penagihan dari rumah ke rumah, peningkatan pelayanan di kantor samsat dan gerai samsat dengan e-samsat, hingga penetapan dan pemberlakuan Perda 4 tahun 2019 tentang pajak daerah. “Yang pada tataran pelaksanaan diaplikasikan melalui Pergub 17 tahun 2019 tentang penghapusan sanksi administrasi atau denda pajak kendaraan bermotor tahunan serta bebas bea balik nama kendaraan bermotor penyerahan kedua,” jelasnya

Outcome Anggaran Belanja
Terkait belanja daerah yang disoroti oleh Fraksi Golkar bahwa realisasi belanja daerah masih belum berorientasi kepada outcome sehingga capaian dan tingkat serapan anggaran masih sebatas pada capaian output, Wagub mengatakan bahwa evaluasi kegiatan Pemprov Banten sudah mulai bergeser tidak semata output tapi ke outcome yang berorientasi manfaat bagi masyarakat. Wagub mencontohkan, revitalisasi Banten Lama yang secara signifikan meningkatkan jumlah kunjungan dan meningkatkan perekonomian.
“Hal ini tercermin dari nilai SAKIP anten yang meningkat 5 poin sebagai indikasi pergeseran kinerja dari orientasi output ke outcome,” sambungnya.

Penyertaan Modal Bank Banten

Pada kesempatan tersebut, Wagub juga menjawab pertanyaan sejumlah fraksi DPRD sebelumnya yang mempertanyakan mengenai tidak direalisasikannya anggaran penyertaan modal ke Bank Banten.
Menurut Wagub, terkait anggaran pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 131 miliar yang tidak terealisasi tersebut, hal itu mengingat hingga akhir tahun 2019 belum ada strategic partner yang dapat menguntungkan pihak Bank Banten. Sehingga, Pemprov Banten khawatir dana penyertaan modal tersebut akan habis digunakan untuk biaya operasional bank bukan untuk modal bank.
“Pemprov Banten menggunakan azas kehati-hatian dalam rangka penyertaan modal Bank Banten ini,” pungkasnya. (*/jojo)

The post Aksi Pencegahan Korupsi Pemprov Banten Terbaik Ketiga Versi KPK appeared first on vivabanten.com.

]]>
https://vivabanten.com/aksi-pencegahan-korupsi-pemprov-banten-terbaik-ketiga-versi-kpk/feed/ 0
Pemprov Banten Belum Realisasikan Pembangunan Masjid di Wisata Negeri di Atas Awan https://vivabanten.com/pemprov-banten-belum-realisasikan-pembangunan-masjid-di-wisata-negeri-di-atas-awan/ https://vivabanten.com/pemprov-banten-belum-realisasikan-pembangunan-masjid-di-wisata-negeri-di-atas-awan/#respond Sun, 28 Jun 2020 23:27:00 +0000 https://vivabanten.com/?p=11658 EBAK, (vivabanten.com) – Pasca peletakan batu pertama, sejumlah warga Citorek, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak mempertanyakan […]

The post Pemprov Banten Belum Realisasikan Pembangunan Masjid di Wisata Negeri di Atas Awan appeared first on vivabanten.com.

]]>
EBAK, (vivabanten.com) – Pasca peletakan batu pertama, sejumlah warga Citorek, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak mempertanyakan kelanjutan pembangunan masjid di kawasan wisata “Negeri di Atas Awan”.
Pasalnya, sejak dilakukan peletakan batu pertama 24 Oktober 2019 lalu oleh Gubernur Banten Wahidin Halim, hingga kini belum ada progres yang menunjukan ada tanda-tanda masjid akan dilaksanakan.
“Awalnya kami sebagai warga sangat senang dan apresiasi kepada Gubernur Banten yang peduli terhadap sarana ibadah, tapi kenyataannya kami menduga hanya sekadar pencitraan saja dan pembohong publik. Jujur kalau kami sangat kecewa kepada Pemprov Banten,” ujar Arya aktivis Citorek melalui siaran pers yang diterima redaksi, Sabtu (27/06/2020).
Informasi yang diterima kata Arya, pembangunan masjid tersebut akan menghabiskan dana sekitar Rp5 miliar dan bersumber dari dana infak PNS di Pemprov Banten.
“Informasinya dana untuk pembangunan masjid tersebut, bukan bersumber dari APBD, melainkan infak PNS yang ada di lingkungan Pemprov Banten,” ucapnya.
Menurut Arya, bukan itu saja. Sekda Banten Al Muktabar pernah mengatakan di media, bahwa hasil dari infak para ASN di Banten, dana yang sudah terkumpul mencapai Rp768 juta.
Menurutnya, pembangunan Masjid Rahmatan Lil’alamin ini merupakan sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia Negeri di Atas Awan Citorek dan masih kata Sekda, sambung Arya diperkirakan membutuhkan 8–9 bulan untuk berfungsi sebagai masjid.
“Kalau kita plas back sejak peletakan batu pertama 24 Oktober 2019 lalu, hingga sekarang sudah berjalan sekitar 8 bulan. Sementara kondisi dilapangan belum ada progres apa apa, selain peletakan batu pertama itu” Tutur mantan aktivis Kumala ini.
Pertanyaannya sambung Arya, pihaknya selaku Aktivis Citorek heran. Sebab pembangunan masjid dengan anggaran yang cukup pantastis ini, mau kapan dibangun?
“Dan anggaran yang sudah terkumpul dari infak ASN Rp780 jutaan dikemanakan?” tanya Arya.
Ini membuat dirinya dan masyarakat Citorek curiga, karena dilapangan tidak ada progres kapan pembangunan majid akan dimulai.
“Stop untuk melakukan pembohongan publik. Kami berharap ini secepatnya direalisasi, jangan sampai kepercayaan kami terhadap Pemprov Banten luntur gara-gara janji pembangunan masjid tidak dilaksanakan,” pungkasnya. (*/jojo)

The post Pemprov Banten Belum Realisasikan Pembangunan Masjid di Wisata Negeri di Atas Awan appeared first on vivabanten.com.

]]>
https://vivabanten.com/pemprov-banten-belum-realisasikan-pembangunan-masjid-di-wisata-negeri-di-atas-awan/feed/ 0
Pemprov Banten Pastikan Tukin Guru dan Tenaga Kesehatan Tidak Dipotong https://vivabanten.com/pemprov-banten-pastikan-tukin-guru-dan-tenaga-kesehatan-tidak-dipotong/ https://vivabanten.com/pemprov-banten-pastikan-tukin-guru-dan-tenaga-kesehatan-tidak-dipotong/#respond Sun, 28 Jun 2020 23:23:15 +0000 https://vivabanten.com/?p=11654 SERANG, (vivabanten.com) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten mengapresiasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) […]

The post Pemprov Banten Pastikan Tukin Guru dan Tenaga Kesehatan Tidak Dipotong appeared first on vivabanten.com.

]]>
SERANG, (vivabanten.com) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten mengapresiasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah, rela Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) atau yang biasa disebut tunjangan kinerja daerah (tukin) dipotong saat pandemi Covid-19.
”Meski begitu, ada suara-suara sumbang ASN yang protes tukinnya dipotong. Dimana rasa sensitivitasnya, semua tahu saat ini pendapatan daerah turun sedangkan anggaran penanganan wabah corona sangat besar. Karena efisiensi, maka porsi belanja pegawai dikurangi, salah satunya tukin,” ujar Kepala BKD Banten Komarudin kepada wartawan, Jumat (26/06/2020).
Menurut Komarudin, tukin ASN Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dipotong secara proporsional tertinggi hingga 50 persen. Pemotongan tukin itu karena alokasi anggaran daerah (PAD) diutamakan untuk pembiayaan pandemi corona dan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk warga.
Komarudin menjelaskan, selama penetapan status KLB (kejadian luar biasa) dan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk ASN, kualitas pekerjaan pegawai menurun yang diiringi penurunan pendapatan daerah. Sehingga Gubernur Banten mengeluarkan kebijakan pemotongan tukin. Kecuali untuk guru dan tenaga kesehatan (nakes).
”Pemotongan tukin ASN bukan hanya terjadi di Banten. Tapi hampir merata di seluruh daerah di Indonesia juga melakukan kebijakan serupa. Karena dampak besarnya kebutuhan anggaran penanganan corona dan juga membantu masyarakat yang terdampak COVID-19,” kata mantan Plt Bupati Tangerang ini.
Komarudin juga menjawab protes sejumlah ASN lantaran tukin pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten yang tidak dipotong.
”Tidak semua ASN di lingkungan Dinkes yang dibayarkan penuh tukinnya. Tetapi dilakukan pemotongan secara proporsional,” terangnya.
Lantaran tidak semua pegawai Dinkes yang berhadapan langsung dengan pasien corona.
”Tukin tenaga medis Dinkes juga ada yang dipotong. Contohnya, dokter mata yang tukinnya dipotong. Karena tidak berhadapan langsung dengan pasien corona. Namun, pemotongan dilakukan secara proporsional,” cetusnya.
Komarudin menambahkan, banyaknya pegawai Dinkes seperti tenaga medis dan paramedis seperti dokter spesialis paru, dokter umum, dan perawat, yang tidak dipotong tukinnya karena para ASN yang bekerja di bidang kesehatan itu berjuang siang dan malam menangani pasien corona.
”Tidak sedikit diantara dokter dan perawat serta tim pendukung medis terpapar virus corona. Bahkan, keluarganya juga ada yang positif. Karena itu, pak gubernur memandang perlu tunjangan kinerja para tenaga kesehatan yang berada di garis depan menghadapi pasien corona dibayarakan penuh. Bahkan, juga diberikan uang insentif,” ucapnya.
Sedangkan alasan tidak adanya pemotongan tunjangan kinerja guru dan tenaga pendidik, sambung Komarudin, karena selama kebijakan pelarangan kegiatan belajar tatap muka di sekolah akibat KLB Corona, para guru tetap melakukan kegiatan pembelajaran secara daring dari rumah.
”Mengajar via daring itu juga perlu biaya. Tidak adanya pemotongan tukin bagi guru itu juga bentuk komitmen pak gubernur dalam memperhatikan nasib guru. Guru itu perlu diperhatikan kesejahteraanya karena mendidik anak-anak generasi penerus Banten,” tegasnya.
Komarudin juga mengaku, semua ASN maunya memang tidak ada pemotongan tukin namun karena anggaran daerah terbatas maka terpaksa dilakukan pemotongan.
”Keputusan pemotongan tukin sudah dipikirkan matang dan disosialisasikan. Pemotongannya juga proporsional,” tandasnya.
Sebelumnya, sejumlah pegawai eselon III di lingkungan Pemprov Banten mempertanyakan penggunaan uang potongan tukin mereka. Pasalnya, semua anggaran yang ada di OPD (organisasi perangkat daerah) juga sudah direfocusing untuk penanganan KBL Corona.
”Disalurkan kemana anggaran recofusing dan pemotongan uang tukin ASN? Kalau bisa dibuktikan, karena selama ini arahnya sepihak. Kalau ada pemotongan dipublikasikan di media, namun penyalurannya tak transparan,” ujar seorang ASN yang enggan ditulis namanya, Jumat (26/06/2020).
Bahkan, salah seorang ASN yang juga anggota Satgas Penanganan Covid-19 yang berhubungan langsung setiap hari dengan masyarakat, yakni mendata dan menyalurkan bantuan sosial (bansos) berharap agar tukin mereka dibayarkan penuh. Lantaran, kerja mereka di lapangan juga rawan tertular virus corona.
”Kita ini bekerja siang malam melakukan pendataan calon penerima bansos dan juga menyalurkan langsung kepada masyarakat. Namun uang tukin kami juga dipotong 50 persen. Jadi dimana letak keadilan bagi sesama ASN?,” tanyanya.
Sebelumnya, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten Opar Sohari mengatakan kalau pendapatan daerah dari sektor pajak memang belum normal. ”Penurunannya sangat drastis karena pandemi corona ini,” terangnya.
Opar memaparkan, rata-rata pendapatan pajak sejak Maret-Mei anjlok hingga 50 persen. ”Bila biasanya pendapatan pajak mencapai Rp22-25 miliar setiap bulan, kini turun hingga Rp12 miliar,” pungkasnya.(*/jojo)

The post Pemprov Banten Pastikan Tukin Guru dan Tenaga Kesehatan Tidak Dipotong appeared first on vivabanten.com.

]]>
https://vivabanten.com/pemprov-banten-pastikan-tukin-guru-dan-tenaga-kesehatan-tidak-dipotong/feed/ 0
Pengurus P2TP2A Kabupaten Serang Dilantik https://vivabanten.com/pengurus-p2tp2a-kabupaten-serang-dilantik/ https://vivabanten.com/pengurus-p2tp2a-kabupaten-serang-dilantik/#respond Sun, 28 Jun 2020 23:19:56 +0000 https://vivabanten.com/?p=11650 SERANG, (vivabanten.com) – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah melantik Pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan […]

The post Pengurus P2TP2A Kabupaten Serang Dilantik appeared first on vivabanten.com.

]]>
SERANG, (vivabanten.com) – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah melantik Pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Serang periode 2020-2023 di Lapangan Tenis Indoor Jum’at, (26/06/2020).
Tatu Chasanah mengatakan, dirinya minta agar sosialisasi melalui penyuluhan kepada masyarakat khususnya kaum perempuan atau ibu lebih ditingkatkan.
“Saya menyampaikan untuk penyuluhan terhadap masyarakat terutama kaum ibu atau perempuan harus terus diberikan pemahaman yang baik, bagaimana mendidik anak dan menjaga anak terhadap lingkungannya,” ujar Tatu kepada wartawan usai melantik.
Tatu menjelaskan, kekerasan terhadap perempuan dan pelecehan terhadap anak di bawah umur masih terjadi di Kabupaten Serang. Oleh karena itu, perlu dipelajari dan dicari penyebabnya.
“Kemudian apa solusinya supaya tidak terulang,” ucapnya.
Meski demikian sambung Tatu, bercermin dari Pengurus P2TP2A periode sebelumnya dalam penanganan kasus atau pendampingan hukum kepada korban kekerasan atau pun pelecehan, tidak diragukan lagi. Sebab, berbagai komponen baik dari kepolisian, pemda ada di dalam pengurus P2TP2A.
“Pengurus lama gesit, cepat dalam menangani persoalan yang didominasi penangannya melalui jalur hukum. Mudah-mudahan ini bisa menjadi masukan bagi pengurus yang baru. Untuk program yang sudah baik agar dilanjutkan. Sedangkan kekurangan atau kelemahan agar di perbaiki,” ungkap Tatu.
Kendati demikian, Pengurus P2TP2A tidak akan bisa berjalan tanpa adanya dukungan dari segi anggarannya. Maka, kata Tatu, demi terlaksananya program P2TP2A sebagai mitra Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang, harus didukung dari sisi anggaran.
Hadir pada pelantikan tersebut Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Tubagus Entus Mahmud Sachiri, Asisten Daerah (Asda) II Adjat Gunawan, Asda III Ida Nuraida, dan Kepala DKBP3A Kabupaten Serang Tarkul Wasyit. Usai pelantikan, dilakukan sesi foto bersama dan pelepasan burung merpati di halaman Pendopo Bupati Serang.
Ketua P2TP2A Kabupaten Serang, Nurlinawati mengatakan, terkait program penyuluhan kepada masyarakat yang ditekankan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, sudah masuk dalam program setiap tahun.
“Insya Allah program penyuluhan akan lebih ditingkatkan, kita akan sering turun ke lapangan, terlebih jika ada kasus,” ujarnya.
Disisi lain, lanjut istri Sekda Kabupaten Serang ini, akan meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, baik Kejaksaan Negeri, Kepolisian, dan Pengadilan Negeri (PN).
“Pastinya kami akan melanjutkan program yang sudah baik dan memperbaiki program yang lemah,”ujarnya. Seraya berpesan, kepada masyarakat agar dalam berkeluarga harus saling, jujur,” tukasnya. (*/jojo)

The post Pengurus P2TP2A Kabupaten Serang Dilantik appeared first on vivabanten.com.

]]>
https://vivabanten.com/pengurus-p2tp2a-kabupaten-serang-dilantik/feed/ 0
Sachrudin Apresiasi Kepeduli Warga melalui Program Cimak Barokah https://vivabanten.com/sachrudin-apresiasi-kepeduli-warga-melalui-program-cimak-barokah/ https://vivabanten.com/sachrudin-apresiasi-kepeduli-warga-melalui-program-cimak-barokah/#respond Sun, 28 Jun 2020 23:17:09 +0000 https://vivabanten.com/?p=11646 TANGERANG, (vivabanten.com) – Pandemi Covid-19 meruntuhkan perekonomian masyarakat bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pun […]

The post Sachrudin Apresiasi Kepeduli Warga melalui Program Cimak Barokah appeared first on vivabanten.com.

]]>
TANGERANG, (vivabanten.com) – Pandemi Covid-19 meruntuhkan perekonomian masyarakat bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pun mereka sangat kesulitan, sehingga dibutuhkan peran semua masyarakat untuk saling membantu satu sama lainnya.
Untuk mengetasi hal tersebut, warga Rukun Warga (RW) 05 Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang meluncurkan program ‘Cimak Barokah’ yakni sebuah kegiatan untuk lading amal dengan tujuan meringankan kebutuhan sehari-hari bagi warganya.
Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin pun hadir dalam kegiatan Ladang Amal “Cimak (Cipondoh Makmur) Barokah”. Kegiatan tersebut berlokasi di Lapangan Sepak Bola RW 05, Perumahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu (28/06/2020).
Wakil Walikota, Sachrudin mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kepada masyarakat RW 05 Kelurahan Cipondoh Makmur yang telah mengadakan kegiatan Cimak Barokah untuk ke 8 kalinya.
“Saya ucapan terima kasih kepada pengurus dan panitia, mudah-mudahan program positif seperti ini dapat terus terlaksana sehingga dapat meringankan kebutuhan sehari-hari bagi warga sekitar,” ujar Sachrudin kepada wartawan.
Menurut Sachrudin, dengan adanya Cimak Barokah ditengah pandemi Covid-19 ini dirinya mengajak masyarakat Kota Tangerang produktif untuk dapat saling peduli, membantu warga yang membutuhkan bantuan.
“Saya berharap semoga kegiatan seperti ini dapat dicontoh oleh masyarakat di wilayah-wilayah lain, agar kita senantiasa dapat membantu mereka yang terdampak,” tukasnya.
Sementara, Ketua RW 05, Sanusi mengatakan, program Cimak Barokah bertujuan mengajak partisipasi masyarakat, khususnya warga RW 05 untuk berbagi dengan mengumpulkan bahan makanan pokok seperti sayur mayur dan sembako.
“Setelah dikumpulkan dan dibungkus, warga bisa langsung mengambil seperlunya untuk di olah di rumah masing-masing,” ucapnya.
Sebagai informasi, Cimak Barokah dihadiri oleh 471 warga yang disertai dengan wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti cuci tangan pakai sabun, memakai masker, melakukan jaga jarak dan pengecekan suhu tubuh. (*/jojo)

The post Sachrudin Apresiasi Kepeduli Warga melalui Program Cimak Barokah appeared first on vivabanten.com.

]]>
https://vivabanten.com/sachrudin-apresiasi-kepeduli-warga-melalui-program-cimak-barokah/feed/ 0
PDAM Tirta Berkah Pendeglang Segera Perbaiki Pipa Cikoromoy https://vivabanten.com/pdam-tirta-berkah-pendeglang-segera-perbaiki-pipa-cikoromoy/ https://vivabanten.com/pdam-tirta-berkah-pendeglang-segera-perbaiki-pipa-cikoromoy/#respond Sun, 28 Jun 2020 23:13:54 +0000 https://vivabanten.com/?p=11642 PANDEGLANG, (vivabanten.com) – Untuk meningkatkan pelayanan yang prima, PDAM Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang berencana merehabilitasi […]

The post PDAM Tirta Berkah Pendeglang Segera Perbaiki Pipa Cikoromoy appeared first on vivabanten.com.

]]>
PANDEGLANG, (vivabanten.com) – Untuk meningkatkan pelayanan yang prima, PDAM Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang berencana merehabilitasi pipa Cikoromoy. Pasalnya, pipa air PDAM tersebut sudah termakan usia, sehingga sering mengalami kebocoran.
“Sudah selayaknya diganti, Insha Allah bulan Agustus 2020 ini kita sudah bisa eksen melakukan pergantian untuk pipa tersebut,” ujar Dirut PDAM Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang, Ujang Sumawinata saat melakukan ekpose rencana rehabilitasi pipa saluran air Cikoromoy bersama Konsultan dan Sekretaris daerah Pery Hasanudin, di Aula Kantor PDAM Tirta Berkah, Jumat (26/06/2020)
Menurut Ujang, pipa transmisi yang harus diganti itu panjangnya sekitar sekitar 3.600 meter.
“Karena keterbatasan anggaran, untuk sementara yang akan diganti sekitar 800 meter dulu. Ya, mudah-mudahan tahun depan bisa diganti secara menyeluruh,” ucapnya.
Ujang menjelaskan, rehabilitasi pipa transmisi Cikoromoy ini memang sudah direncanakan sebelumnya, karena pipa saluran Cikoromoy dinilai sudah tidak layak.
“Sedangkan saluran pipa tersebut bisa memenuhi kebutuhan air wilayah perkotaan seperti wilayah Pandeglang, Cimanuk, Karangtanjung dan Kaduhejo,” tandasnya.
Sementara itu, Pery Hasanudin Sekda Pandeglang mengungkapkan, pipa transmisi Cikoromoy itu sudah harus diganti, karena kondisinya yang sudah tidak memungkinkan dan sering mengalami kebocoran, sehingga sangat merugikan masyarakat dan pihak PDAM.
“Tentunya saya berharap, semoga rencana PDAM untuk merehab pipa saluran Cikoromoy bisa terlaksana dengan baik, agar mutu pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan secara optimal,“ tukasnya. (*/jojo)

The post PDAM Tirta Berkah Pendeglang Segera Perbaiki Pipa Cikoromoy appeared first on vivabanten.com.

]]>
https://vivabanten.com/pdam-tirta-berkah-pendeglang-segera-perbaiki-pipa-cikoromoy/feed/ 0
Demokrat Berikan Rekomendasi Ke Pujiyanto pada Pilkada Pandeglang https://vivabanten.com/demokrat-berikan-rekomendasi-ke-pujiyanto-pada-pilkada-pandeglang/ https://vivabanten.com/demokrat-berikan-rekomendasi-ke-pujiyanto-pada-pilkada-pandeglang/#respond Sun, 28 Jun 2020 23:10:43 +0000 https://vivabanten.com/?p=11639 PANDEGLANG, (vivabanten.com) – Perhelatan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang pada Pemilihan Kepala Daerah […]

The post Demokrat Berikan Rekomendasi Ke Pujiyanto pada Pilkada Pandeglang appeared first on vivabanten.com.

]]>
PANDEGLANG, (vivabanten.com) – Perhelatan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, mulai menghangat. Bakal Calon (Balon) penantang petahana pun mulai bermunculan.
Salah satunya, anak dari mantan Wakil Bupati Pandeglang Iye Heryani (Yeni Heryani), Pujiyanto mendapat dukungan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat untuk maju Pilkada Pandeglang 2020.
Kalau mulus kendaraan Parpolnya, Pujiyanto akan bertarung melawan calon petahana Irna Narulita.
Surat dukungan terhadap Pujiyanto diserahkan langsung oleh Ketua DPD Demokrat Banten, Iti Octavia Jayabaya di kediamannya, di Rangkasbitung Lebak, Jumat (26/06/2020).
Selain ke Pujiyanto, Iti Octavia pun memberikan surat dukungan serupa kepada pasangan yang akan maju di Pilkada Cilegon, yakni Iye Iman Rohiman dan Awab.
Sekjen Partai Demokrat Banten Eko Susilo membenarkan hal tersebut. Demokrat Banten, kata Eko, menyambut baik kalau Pujiyanto benar-benar akan turut berpartisipasi dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Pandeglang.
Saat ini pihaknya masih melihat sejauh mana keseriusan Pujiyanto maju di Pilkada Pandeglang 2020 nanti, sehingga belum bisa merekomendasikan ke DPP.
“Itu baru bentuk dukungan DPD ke Pujiyanto, karena kita belum tahu keseriusannya, kalau nanti sudah serius, sudah ada pasangannya baru kita akan membuat surat ke DPP untuk direkomendasikan,” kata Eko Susilo dihubungi melalui telepon selulernya.
Bentuk keseriusan Pujiyanto yang ditunggu dan harus segera mungkin dilakukan, lanjut Eko, selain aktif melakukan komunikasi politik guna mendapatkan dukungan dari Parpol lain dan mencari calon pasangan, juga diharapkan mendapatkan restu dari keluarga besarnya.
“Diharapkan untuk segera, karena waktu sudah tidak lagi senja untuk sampai dikeluarkannya SK DPP itu,” imbuhnya.
Sementara Pujiyanto yang merupakan kader Partai NasDem, mengatakan dirinya akan segera membuktikan keseriusannya, baik kepada Parpol maupun kepada masyarakat Pandeglang.
Dalam waktu dekat ini, kata Puji, dirinya akan kembali melakukan komunikasi dengan Parpol yang bakal mengusungnya selain Demokrat, yakni NasDem dan PPP. Puji mengaku akan segera menemui Ketua PPP Banten Subadri Usuludin.
“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Demokrat yang sudah memberikan surat dukungan ini dan mudah mudahan dalam waktu yang ditentukan saya sudah bisa merealisasikan dan mencapai target untuk bisa menemukan pasangan untuk menjadi wakil saya,” pungkasnya. (*/jojo)

The post Demokrat Berikan Rekomendasi Ke Pujiyanto pada Pilkada Pandeglang appeared first on vivabanten.com.

]]>
https://vivabanten.com/demokrat-berikan-rekomendasi-ke-pujiyanto-pada-pilkada-pandeglang/feed/ 0