Guru Harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

  • Whatsapp

TANGERANG (vivabanten.com) – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Tangerang menggelar peringatan Hari Guru Nasional 2018 dan HUT PGRI ke 73, di aula Al  Amanah, Puspemkot Tangerang, Rabu (28/11).

HUT PGRI tahun ini memiliki tema “Wujudkan Guru Sebagai Penggerak Perubahan Menuju Indonesia Cerdas dan Berkarakter Dalam Revolusi Industri 4.0”.

Bacaan Lainnya

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya menginginkan guru sebagai roda penggerak pendidikan di Kota Tangerang bisa memanfaatkan revolusi industri 4.0 yang diterapkan ke sistem pembelajaran e-learning.

“Seperti perpustakaan e-learning. Nanti bisa nge-link ke Perpustakaan Nasional bahkan Internasional, untuk bahan literatur dan pembelajaran yang lebih luas,” jelas Arief.

Arief menilai masih terdapat kekurangan pada sistem e-learning apabila betul-betul diterapkan disekolah jika guru dan murid masih terkendala bahasa.

“Nanti dari Program Kampung Kita akan dibuat Kampung Inggris, supaya bisa belajar dan lancar berbahasa Inggris,” ucapnya.

Arief menambahkan, Pemkot melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang sudah menyiapkan anggaran untuk meningkatkan kesejahteraan guru dengan membuat formulasi kenaikan tunjangan yang tepat.

“Memang ada anggaran, makanya ini sedang diformulasikan. Memang tidak bisa maksimal, tapi paling tidak kita berupaya terus untuk kesejahteraan teman-teman guru,” tukasnya.

Ketua PGRI Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, guru sudah sangat siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

“Saya mengingatkan, kemajuan teknologi saat ini jangan sampai guru malah tertinggal. Tetapi saya yakin kalo di kota Tangerang sudah tidak ada yang gaptek,” ujar Jamaludin.

Menurut Jamal, dirinya menantang para guru untuk berinovasi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar didalam kelas.

“Jadikan momen hari ini untuk memacu semangat kita membangun generasi penerus bangsa yang unggul dan berbudi pekerti,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga turut dimeriahkan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba diantaranya pembacaan UUD, menyanyi, tenis meja dan guru berinovasi. (jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.