Iti Minta PT KAI Sediakan Gerbong Khusus Barang

  • Whatsapp
Iti Minta PT KAI Sediakan Gerbong Khusus Barang.
Iti Minta PT KAI Sediakan Gerbong Khusus Barang.

LEBAK, (vivabanten.com) – Bupati Kabupaten Lebak, Iti Octavia Jayabaya meminta kepada PT KAI untuk menyediakan atau menambah gerbong khusus bagi angkutan hasil bumi dari para petani di wilayahnya.

Menurut Iti, masyarakat saat ini sangat harapan adanya gerbong khusus untuk mengangkut hasil bumi para petani tersebut. Pasalnya, saat ini para petani kesulitan memasarkan hasil buminya.

Muat Lebih

Meskipun kata Iti, para petani tetap memasarkan hasil buminya namun tentu saja harus mengeluarkan pengeluaran yang sangat besar, karena harus menyewa kendaraan roda empat jenis colt bak.

“Kita sudah meminta PT KAI untuk menyediakan gerbong khusus buat para petani Kabupaten Lebak. Hal itu sangat penting untuk memudahkan pemasaran hasil bumi ke kota-kota besar semisal Jakarta dan Tangerang,“ ujar Iti kepada sejumlah wartawan, Selasa (28/8).

Sementara itu Dede Sudin salah seorang petani asal Rangkasbitung mengungkapkan, dirinya setiap hari harus bolak balik Jakarta-Rangkasbitung untuk memasarkan hasilnya buminya.

Dede mengaku kewalahan jika terus menerus menggunakan alat transportasi mobil lantaran harga ongkos lebih mahal.

“Ya kalo menggunakan kreta api kan, lebih murah biaya nya ketimbang menyewa mobil pickup,” ucapnya.

Menurut Dede, jika PT KAI menyediakan gerbong khusus bagi para petani yang mengangkut hasil bumi, maka para petani akan memasok hasil buminya dengan lancar, serta tidak memerlukan biaya yang lumayan besar.

“Biaya sangat besar, saat ini bagi para petani untuk memasarkan hasil buminya ke kota besar. Untuk sekali angkut diperlukan 2 ton hasil bumi, sehingga harus menggunakan kendaraan roda empat semisal mobil pickup,” tukasnya. (bak/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.