Karantina Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Reptil

  • Whatsapp
Petugas Karantina Bandara Soekarno-Hatta saat meliris penangkapan hewan reptil. (Foto : usdo/vivabanten.com)
Petugas Karantina Bandara Soekarno-Hatta saat meliris penangkapan hewan reptil. (Foto : usdo/vivabanten.com)

TANGERANG, (vivabanten.com) – Balai Besar Karantina Pertanian (BKPP) dan Avsec Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menggagalkan upaya penyelundupan ratusan reptil. Hewan tersebut rencananya akan dibawa ke Madinah, Arab Saudi.

Penggagalan itu dilakukan pada Selasa (13/09/2017) lalu. Saat itu petugas mencurigai barang bawaan milik penumpang yang akan terbang ke Arab Saudi.

“Operator XRay mencurigai 4 buah koper berisi hewan yang dibawa oleh penumpang yang akan berangkat ke Madinah, Arab Saudi. Penumpang tersebut berinisial AA merupakan warga negara Arab Saudi, kemudian koper tersebut diperiksa,” ujar Kepala BBKP Soekarno-Hatta, Eliza Suryati Roesli, di Instansi Karantina Hewan, Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (14/09/2017).

Setelah diperiksa, petugas menemukan ratusan hewan. Hewan terbanyak yakni kura-kura berbagai jenis.

“Dalam koper itu ditemukan kantong-kantong. Dari pemeriksaan petugas karantina ada​ sejumlah 101 ekor hewan. Diantaranya terdiri dari 65 kura-kura dua diantaranya mati, 9 ekor ular, 5 biawak, 10 buaya,” ucapnya.

Selain itu juga didapati 4 ekor musang dan 8 ekor lintah. Dari seluruh hewan itu, terdapat 18 ekor hewan yang masuk dalam kategori dilindungi.

“Ada beberapa jenis hewan yang dilindungi dan termasuk apendik 1 antara lain kura-kura moncong babi sebanyak 9 ekor, buaya muara 8 ekor, dan buaya sinyolung 8 ekor,” paparnya.

Saat ini masih dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku penyelundupan. Hewan-hewan tersebut juga telah diselamatkan di Instalasi Karantina Bandara Soekarno-Hatta. (usdo/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.