KaSatpol PP : Mengisi Kemerdekaan Dengan Pembangunan dan Karya Nyata

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) – Kemerdekaan senantiasa mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa, termasuk Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya oleh dunia telah didapatkan bangsa ini dengan perjuangan berat tak kenal pamrih.

Bacaan Lainnya

Dengan modal kemerdekaan, suatu bangsa akan memiliki harga diri dan dapat bersama-sama duduk saling berdampingan dengan bangsa-bangsa di dunia.

Demikian arti kemerdekaan yang diungkapkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang, Mumung Nurwana.

Menurut Mumung, tanggal 17 Agustus 1945 merupakan peristiwa detik-detik proklamasi kemerdekaan. Sebagai bangsa Indonesia yang terlahir di bumi tanah air Indonesia kita harus menyadari akan mulia dan terpujinya perjuangan para pendiri negara ini.

“Para pejuang ini dengan gigih dan berani memperjuangkan kemerdekaan untuk lepas dari belenggu penjajah. Pengorbanan para pahlawan merupakan wujud tekad yang kuat dalam menentang penjajahan di muka bumi,” ujar Mumung.

Untuk itu kata Mumung, kita patut bersyukur bahwa kita hidup di masa kemerdekaan dan tidak lagi harus berjuang mengangkat senjata serta mempertaruhkan nyawa.

“Kita sebagai penerus bangsa ini, hanya diminta dengan penuh kesadaran diri untuk mengisi kemerdekaan dengan sikap positif dan mengisi pembangunan dengan hasil karya yang nyata,” ucapnya.

Mumung menjelaskan, tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam memperingati hari kemerdekaan dengan peringatan dalam bentuk upacara dan perayaan berbagai perlombaan dan kegiatan lainnya.

“Ini merupakan tradisi yang harus tetap kita jaga dan kita lestarikan, nilai-nilai yang terdapat dalam tradisi tersebut merupakan warisan yang tidak ternilai dari para pendahulu kita dan tertua kita,” tukasnya.

Masih menurut Mumung, sebagai  bentuk memperingati HUT RI Ke-73 ini dirinya sebagai Kasatpol PP turut mengenang, menghormati, menghargai, menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur berjuang dimedan perang.

“Kita yang masih hidup harus mengisi kemerdekaan ini dengan memiliki jiwa semangat bersatu untuk Indonesia, berbuat untuk mensejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Mumung menambahkan, pada puncak peringatan Upacara HUT RI ke-73 tingkat Kota Tangerang pihaknya menerjunkan 300 personil untuk mengamankan jalannya upacara tersebut.

”Untuk peserta upacara kami terjunkan dua peleton, kami juga menjadi komandan kompi dan komandan peleton barisan KORPRI dan barisan PGRI, menjaga lingkungan dalam lapangan, membantu tim kesehatan, menjaga bagian luar lapangan dengan jajaran Polres dan Dishub,” pungkas Mumung.

Disela-sela Resepsi peringatan HUT RI ke-73, Kasatpol Kota Tangerang melantunkan tiga buah lagu yang diiringi oleh Band KORPRI pimpinan Sekda Kota Tangerang, Dadi Budaeri.(ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.