Kasus Penyelundupan Narkoba di Bandara Soekarnao-Hatta Meningkat

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) – Kasus penyeludupan narkoba ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta (Bandara Soetta) dengan cara muatan kargo ataupun kurir, meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2019 sebelum pandemi melanda Indonesia.
“Di tahun 2020 itu, penegahan Narkotika, Psikotropika dan Prekursor atau narkoba justru lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya (2019). Yakni di 2020 sebanyak 210 kasus, sementara tahun sebelumnya sebanyak 143 kasus,” ujar Kepala Kantor Cabang Utama Bea dan Cukai Bandara Soetta, Finari Manan, Selasa (09/03/2021).
Finari mengatakan, untuk tahun 2020 upaya penyelundupan narkoba di Bandara Soetta tersebut didominasi oleh barang kiriman atau kargo. Bukan melalui kurir atau penyelundupan dibawa langsung oleh penumpang.
Pihaknya memprediksi, cara tersebut dilakukan untuk menyiasati atau mengelabui petugas, agar barang haram dari jaringan internasional tersebut bisa masuk ke Indonesia. Seperti disembunyikan di dalam onderdil kendaraan, bungkusan teh, dan lainnya.
Dari penegahan tersebut, Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta bekerjasama dengan Polresta Bandara Soetta untuk mengembangkan ratusan kasus tersebut. Sehingga diperolehlah puluhan tersangka di tahun tersebut.
“Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan kemberikan penghargaan kepada kapolresta dan anggota polresta yang selama 2020, berkat kordinasi yang baik, kami bisa mengembangkan pengungkapan berbagai kasus ini,” kata Finari.
Kemudian, apresiasi dan penghargaan selanjutnya, diberikan kepada Polresta Bandara Soetta, lantaran mengungkap kasus penipuan yang mengatasnamakan Bea dan Cukai yang merugikan hingga ratusan juta rupiah.
Sebab, lanjutnya, saat ini sangat banyak kasus penipuan tersebut, yang berkembang di masyarakat mengatasnamakan Bea dan Cukai Bandara Soetta, kemudian meminta sejumlah uang.
“Ternyata diketahui pelakunya adalah sindikat, dan kami berterimakasih atas pengungkapan tersebut,” katanya.
Setidaknya ada puluhan anggota Polresta Bandara Soetta yang diberikan penghargaan dari Kantor Bea dan Cukai. Kapolres Kombes Pol Adi Ferdian Syaputra yang menerima penghargaan tersebut, diikuti oleh anak buahnya. (*/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.