Kecamatan Tangerang Gelar Kampung PHBS Tingkat RW

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat telah dilakukan, seperti di tahun sebelum-sebelumnya guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berprilaku sadar akan hidup bersih dan sehat mulai dari kesadaran terhadap lingkungan.

Diantara 26 peserta per/RW, kali ini penilaian program Kampung PHBS di lakukan di Jl. Kisamaun RW 16 Kelurahan Sukasari, Kecsmatan Tangerang Kota Tangerang yang terpilih menjadi peserta Kampung PHBS dengan tema “Mawar Jati Wangi” Rabu (08/11/2017).

Ketua Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) Hj. Siti Rochayah menerangkan ciri dari Kampung Sehat Berbasis PHBS adalah masyarakatnya mempunyai sifat gotong-royong dan keswadayaan masyarakat dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan, termasuk pemberdayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) demi mewujudkan kemandirian keluarga sehat yang berkualitas.

“Indikator PHBS dimulai kebersihan lingkungan, saluran air, penanaman sayur mayur, kegiatan posyandu dan rumah sehat, sementara peningkatan PHBS di RW 16 luar biasa banyak peningkatan dibanding 3 bulan yang lalu, semoga prilaku kampung PHBS terus berlanjut tidak hanya pada saat penilaian saja namun harus di jalani setiap waktu karena itu berdampak kepada masyarakatnya sendiri agar membangun sikap sadar PHBS,” ujarnya

Camat Tangerang, Agus Henra F menambahkan ini memang ada penilaian, tapi ini bukan tujuan akhir dan berhenti sampai disini. Sebab kita akui masih banyak pembenahan-pembenahan yang masih harus dilakukan karena tujuan akhir bagaimana kita dapat merubah pola fikir masyarakat akan pentingnya kebersihan dan menjada pola hidup sehat yaitu agar tetap menjalankan kampung PHBS.

“Yang paling sulit menggerakan masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan karena manfaatnya banyak sekali yang dirasakan warga dan tentunya harus ada kemauan untuk menjaganya,” ucap Agus.

Menurut Agus, dorongan untuk membangun Kampung PHBS dalam melaksanakan sejumlah program seperti Tangerang Berkebun, Tangerang Bersih, Kampung Hijau, Tangerang Sehat, Tangerang Kreatif karena warga mengecat pemukiman menjadi warna-warni dan menjaga kelestarian budaya yang ada selalu diupayakan ketua RW 16 Kelurahan Sukasari, Kusma Dimyati atau sering dipanggil bang kade.

“Kampung sehat menumbuhkan budaya hidup bersih untuk hari ini dan nanti adapun kalah dan menang sya anggap menjadi barometer kedepan di wilayah saya, agar dapat memotifasi warga lain utuk dpat ikut menciptakan di wilayahnya menjadi kampung PHBS dan meningkatkan kepedulian untuk membantu pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman,” tukasnya.

Senada dikatakan Lurah Sukasari, Tatang Sopandi mengungkapkan kegembiraannya dalam suksesnya pelaksanaan program PHBS di RW/16.

“Dengan adanya kampung PHBS dapat dilihat kekompakan warga di 6 RT yang ada di RW/16 Kel. Sukasari, karena warga turut berperan aktif dan tidak sedikit perjuangan yang ditempuh sampai terwujudnya kampung PHBS dan menjadi kembanggaan, semoga dengan adanya kampung PHBS yang ada di RW/16 bisa menjadi contoh untuk semua RW yang ada di Kel. Sukasari,” tegasnya
(rendy/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.