Kepuasan Masyarakat Akan Birokrasi di Tangsel Lemah

  • Whatsapp
Ratu Chumaeroh saat reses di Pamulang.
Ratu Chumaeroh saat reses
Ratu Chumaeroh saat reses di Pamulang.

TANGSEL (vivabanten.com), – Lagi-lagi birokrasi di Kota Tangsel menuai banyak protes dari warga, mereka mengeluhkan birokrasi masih tumpang tindih dan tidak memberikan kepuasan.

Kali ini pelayanan birokrasi mendapatkan kritikan dari Srikandi politisi partai Persatuan Pembangunan (PPP) Tangsel, Ratu Chumaeroh. Menurut Ratu, menurunnya elektabilitas birokrasi Tangsel dimata masyarakat karena lemahnya sistem birokrasi hingga sering muncul aksi demo dari warganya sendiri.

“Potret birokrasi dimata publik diakui memang masih lamban, artinya akuntabilitas birokrat Tangsel dalam memberikan pelayanan publik masih lemah. Ini erat kaitannya dengan struktural birokrasi yang diwarisi masa orde baru, prinsip loyal kepada atasan lebih dikenalkan daripada loyal kepada publik,” ujar Ratu.

Birokrasi di tangsel kata Ratu, mestinya mempunyai pemikiran bahwa kedaulatan berada di publik, eksistensi pelayanan birokrasi sangat ditentukan oleh pertanggungjawaban birokrat tersebut terhadap publiknya.

“Saya akui birokrasi di Tangsel masih minim responsivitasnya, padahal ini sangat dibutuhkan bahkan kemampuan organisasi untuk mengenal kebutuhan masyarakat masih minim. Mestinya birokrasi itu mampu menyusun agenda, prioritaskan pelayanan publik sesuai kebutuhan dan aspirasi masyarakatnya,” ucapnya.

Masih menurut Ratu, pihaknya di Komisi I DPRD Tangsel selalu menyampaikan kepada inspektorat agar disampaikan kepada walikota, agar mencopot para kepala SKPD yang dinilai lamban memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami selalu serap aspirasi masyarakat dalam menilai birokrat Tangsel, dan itu tugas inspektorat agar ditindaklanjuti laporannya sebab kami hanya mengawasi tupoksinya,” punhkasnya. (diaz/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.