Kesbangpol Kota Tangerang Lakukan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur

  • Whatsapp
Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Irman Pujahendra saat memimpin pelatihan aparatur.

KOTA TANGERANG, (vivabanten.com) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang, melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Review Dokumen Renstra dan Renja OPD.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai 29-30 November hingga 1 Desember 2021 ini dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol R. Irman Pujahendra dan ditutup oleh Sekretaris Badan H. Casmat Junaidi. Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut diikuti oleh para Kasubag dan Kasubid di Kesbangpol Kota Tangerang.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang Irman Pujahendra mengatakan, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada para aparatur Kesbangpol Kota Tangerang dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehingga diharapkan terbentuknya aparatur pemerintah dalam hal ini kesbangpol yang berkualitas.

“Dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas aparatur ini dapat merumuskan program program Kesbangpol pada tahun mendatang,” ucapnya, Rabu (01/12/2021).

Irman mengungkapkan, untuk Rencana Strategis (Renstra) pada hakekatnya merupakan dokumen perencanaan suatu organisasi/lembaga yang menentukan strategi atau arahan, dan digunakan sebagai dasar dalam mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber daya manusia dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

“Renstra adalah sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan,” ungkapnya.

Selain itu, Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah (Renja OPD) adalah dokumen perencanaan OPD untuk periode 1 (satu) tahun, yang memuat kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.

Untuk itu, fungsi perencanaan dalam manajemen adalah bagaimana suatu pemerintahan ataupun Setiap OPD menetapkan tujuan yang ingin dicapai dan menyusun strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

“Perencanaan memengang peran penting dalam setiap tindakan baik dibidangnya. Sederhananya fungsi perencanaan adalah apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainnya,” pungkasnya. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.