Kota Tangerang Wakili Banten Lomba Hati-nya PKK Tingkat Nasional

  • Whatsapp
Ketua PKK Provinsi Banten saat melakukan penilian.
Ketua PKK Provinsi Banten saat melakukan penilian.

>>TP PKK Kelurahan Belendung Kota Tangerang Optimis Jadi Juara

TIM Penggerak  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang akan mewakili TP PKK Provinsi Banten dalam perlombaan Hatinya PKK di tingkat Nasional.

Bacaan Lainnya

TP PKK Kelurahan Belendung menjadi utusan atau delegasi dalam lomba tersebut, karena persiapan dari TP PKK Kelurahan Belendung sangat luar biasa dan banyak menciptakan inovatif yang cerdas serta penuh semangat juang yang tinggi.

Hati – nya  (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) PKK merupakan salah satu program Pokja 3 dari 10 program PKK yang ada, yaitu untuk lebih memanfaatkan lahan perkarangan, agar hasil dari tanaman itu dapat menambah pendapatan keluarga.

“Kita lakukan pembinaan kurang lebih selama satu tahun, karena memang perlombaan tersebut dilakukan secara berjenjang” ujar Helly Wati Yusuf, PJs Walikota Tangerang.

Menurut Helly, setelah dilakukan penilaian pada tingkat provinsi, akhirnya PKK Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda diutus PKK Provinsi Banten untuk maju pada lomba Hati nya PKK tingkat nasional.

Berfose bersama Ketua PKK Provinsi Banten bersama PKK Kota Tangerang.

Sementara itu Ketua PKK Kelurahan Belendung, Hamliah Asriani Iwan mengungkapkan, berbagai pembinaan telah dilakukan oleh PKK Kota Tangerang dan sinergi antara Pemerintah Kota Tangerang dan masyarakat pun.

Menurut Hamliah Asriani Iwan, dirinya sangat bersyukur karena bisa mewakili PKK Provinsi Banten untuk mengikuti lomba Hati nya PKK tingkat Nasional.

“Alhamdulillah tahun ini kita mengikuti perlombaan HATINYA PKK yang ada di Pokja IV TP PKK Kota Tangerang, dan sekaligus menjadi juara tingkat Provinsi Banten, serta diutus mewakili Provinsi Banten lomba tingkat nasional,” ujar Hamliah Asriani.

Hamliah Asriani Iwan menjelaskan, bahwa lokasi yang dilombakan berada di RW 09, untuk persiapan ini kita melakukannya jauh-jauh hari sebelum perlombaan.

Secara rutin kami mengadakan penyuluhan dan pembinaan tiap dua bulan sekali kepada seluruh masyarakat Belendung sekaligus mengajaknya untuk turun serta terlibat dalam program Hatinya PKK.

Ketua PKK Provinsi Banten saat melakukan penilian.

“Secara garis besarnya 10 Program PKK atau Program Hatinya PKK ini sangat berdampak positif dan baik untuk kita semuanya yang dapat menciptakan dan menghasilkan kemandirian, kesejahteraan dan kemakmuran,” tukasnya.

Lanjutnya, peran aktif dan partisipasi dari unsur 3 pilar, dinas terkait, kader Pengurus TP PKK Kecamatan Benda dan Kelurahan, KWT Makmur 09, Satpol PP Kecamatan Benda, Forum RT/RW, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat serta seluruh komponen masyarakat lainnya, hingga semua berjalan lancar dan sukses.

“Produk unggulan Hatinya PKK Belendung adalah tanaman cabe, terong dan budi daya ikan lele. Cabe itu sendiri dijadikan seperti abon cabe, sambel kemasan, untuk terong dijadikan keripik terong dan lele dijadikan abon lele,” jelas Puji.

Sedangkan di lingkungan sekitarnya, lanjut Puji, terdapat pula warung hidup, apotik hidup, contoh rumah sehat, Toga, herbarium biji-bijian seperti: biji cabe, jagung, kedelai, bayam, kangkung, pakcoy, saga-saga, kacang tanah dan kembang teleng.

Kolam Ikan Lele milik TP PKK Kelurahan Belendung.

Dengan adanya program tersebut, TP PKK Kelurahan Belendung berharap kepada masyarakat Belendung terus geliat dan menjaga lingkungan sekitarnya.

“Kami berharap, jangan hanya sekedar ada lomba saja akan tetapi semakin terus semangat, serta kami akan senantiasa tiada hentinya melakukan pembinaan maupun penyuluhan Hatinya PKK atau 10 Program PKK yang lainnya kepada warga masyarakat Belendung, sehingga ini semua bisa di laksanakan di lingkungan RT dan RW lainnya serta lingkungan halaman di sekitar kita pun begitu asri, teratur, indah dan nyaman serta bersih sehat,” pungkasnya. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.