Layanan Online Pemkot Tangerang Efektif Serap Aduan Warga

  • Whatsapp

Layanan Online Pemkot Tangerang

TANGERANG (vivabanten.com), – Seiring berkembangnya teknologi, tentunya sangat memudahkan aktivitas masyarakat. Sebagai pelayan publik, tentunya Pemkot ingin memberikan kinerja maksimal kepada masyarakat melalui adanya evaluasi dari mereka.

Bacaan Lainnya

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Pemkot Tangerang menggenjot hal tersebut dengan sejumlah layanan pengaduan online, mulai berbasis web, startup dan media sosial.

Salah satu yang paling dikenal adalah Aplikasi Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (Laksa). Aplikasi tersebut ternyata efektif untuk memberikan aduan, saran dan kritik kepada Pemkot.

Kepala Bidang Pengembangan Aplikasi Layanan Publik, Euis Nurlaila mengatakan, tenyata sejak 2016, setidaknya ada 9898 pengaduan yang masuk melalui online. Diantaranya 4862 aduan dari media sosial dan website, sedangkan 5036 aduan masuk dari aplikasi Laksa.

“Jadi total pengaduan yang masuk sekarang terus bertambah. Ini artinya masyarakat sangat memanfaatkan layanan online yang dibuat Pemkot sesuai kebutuhannya,” ujarnya.

Menurut Euis, untuk setiap aduan, saran, maupun kritik masyarakat yang dikemas melalui aplikasi Laksa, akan ditindaklanjuti dengan cepat oleh operator. Bahkan saking cepatnya, sejumlah OPD pun turun langsung menjadi operator untuk menanggapinya.

“Pemkot Tangerang sudah punya Tim lapangannya, namanya Tim Sigap. Itu juga untuk menindaklanjuti Laksa,” ucap Euis.

Mekanisme surat yang masuk melalui aplikasi Laksa, kata Euis, selanjutnya diterima operator dan dilanjutkan kepada OPD terkait, hingga merealisasikan berbagai keluhan para pemohon tersebut.

“Ketika ada notifikasi Laksa, nanti isi suratnya akan dikelompokkan, tergantung pengaduan. Contohnya ada aduan tentang pembangunan ya Dinas Pekerjaan Umum akan menindaklanjuti laporannya,” papar Euis.(lutfi/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.