Limbah Situ Parigi Tercemar Toksik Berbahaya

  • Whatsapp

TANGSEL, (vivabanten.com) – Menjadi pemandangan tidak sedap saat berkunjung dikawasan situ Parigi. Ribuan ton sampah dan diduga menimbulkan logam berat pada level yang mengakibatkan tercemarnya kawasan situ, bahkan ditenggarai dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia disekitar.

Berdasarkan pantauan, air situ parigi sudah menghitam dan diduga mengandung unsur logam krom heksavalen yang sangat beracun. Walau dalam konsentrasi rendah akibat limbah dari beberapa lubang atau dam hasil pembuangan aliran air kotor yang diduga berasal dari poll blue bird dan perumahan diatas situ parigi.

“Bisa saja limbah tersebut dari beberapa hasil buangan sekitar area situ, namun kami belum berani menyimpulkan temuan limbah yang kandungannya berbahaya, jika betul tentunya sangat merugikan kami yang memelihara dan merawat situ dari tahun 2000 hingga sekarang,” ujar Bang Mursin kepada wartawan, pasca menjaring sampah-sampah yang mencemari situ.

Sebagai juru kunci pintu air situ Parigi sambung Mursin, dirinya masih mempertanyakan nasib pekerjaan kepada Pemkot Tangsel. Sebab, dulu ada wacana dirinya akan dijadikan pegawai Pemkot, namun hingga kini masih diawang-awang tak jelas.

“Situ Parigi ini sebenarnya sudah ada pokja korp relawan situ Parigi, namun sampai kini melempem dan saat ini hanya Bang Kimpo yang peduli, bahkan rela merogoh kocek sendiri, saya sendiri hanya bertugas menjaga situ Parigi agar tidak meluap air,” tukasnya.

Masih menurut Mursin, dirinya masih setia menjaga dan merawat pintu air,  bahkan sudah ada lima korban yang tenggelam disitu Parigi, namun dirinya merasa kecewa jika situ Parigi semakin tercemar dan tidak terurus kawasan situ Parigi.

“Harapan saya adalah mendapatkan perhatian serius dari Pemkot soal Situ Parigi, tidak banjir dan tidak juga kering akibat limbah dan bau tidak sedap yang keluar dari situ dapat dilanjutkan pengerukannya, jogging tracknya,  penerangan lampunya,” katanya.

Mursin menambahkan, dirinya menginginkan situ-situ yang sudah bersih seperti Situ Pondok Jagung, Situ Babakan di Jagakarsa sehingga manfaat situ dapat digunakan masyarakat seperti tempat wisata murah meriah.

“Hilangkan kepentingan pribadi untuk pemeliharaan Situ Parigi, bekerja ikhlas demi terciptanya Situ Parigi yang sehat tidak tercemar sampah dan logam berat seperti sekarang ini,” pungkasnya.(diaz/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.