Pabrik Pengolahan Sawit di Lebak Ludes Terbakar

  • Whatsapp

LEBAK, (vivabanten.com) – Diawali suara ledakan dan kepulan asap, sebuah pabrik pengolahan sawit terbakar. Peristiwa ini terjadi di Kampung Cangkeuteuk, Desa Kapunduhan, Kecamatan Cijaku pada Selasa (23/03/2021) dinihari pukul 00.05 Wib.
“Warga sekitar yang mendengar suara ledakan dan melihat kepulan asap langsung mengecek ke lokasi pabrik milik Bapak Jamri, api sudah membakar pabrik dan warga pun bergoyong-royong untuk memadamkan api,” ujar personel BPBD Lebak, Ade Nurohman.
Ade mengatakan, dan 40 menit kemudian 1 unit pemadam kebakaran dari Malimping tiba di lokasi kebakaran, namun api sulit dipadamkan, karena banyak material sawit yang mengandung minyak.
“Asal mula kebakaran diduga dari konsleting listrik, sehingga membakar tiang yang terbuat dari kayu yang menjalar ke limbah kelapa sawit yang mudah terbakar,” ucapnya.
Ade menjelaskan, kerugian materil dari kejadian tersebut sekitar Rp 1 milliar, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang sempat membuat panik warga sekitar tempat kejadian.
“Ada beberapa saksi yang kita mintai keteranganya. Anggota Koramil dan Polsek setempat juga sigap turut mendatangi lokasi kejadian. Selanjutnya langkah-langkah yang diambil adalah mendatangi atau cek TKP, koordinasi dengan aparat desa setempat, BPBD Kecamatan Cijaku, Damkar dan PLN,” tukasnya.
Ade menambahkan, bahwa pabrik yang terbakar tersebut tidak beroperasi atau libur selama 1 minggu. Pabrik merupakan pabrik milik pribadi atau perorangan.
“Api dapat dipadamkan pada jam 02.15 Wib, karena api sulit dipadamkan disebabkan banyak bahan limbah sawit dan minyak kelapa sawit yang mudah terbakar,” pungkasnya. (*/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.