Pedagang Minta Pasar Kutabumi Direvitalisasi Jadi Pasar Modern

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) – Dalam waktu dekat ini, Pasar Kuta Bumi akan segera direvitalisasi. Pasar tradisional tersebut akan disulap menjadi pasar tradisional lebih modern ber-SNI. Hal itu dilaksanakan setelah PD Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR) Kabupaten Tangerang menerima permohonan dari ratusan para pedagang pasar tersebut. Dimana, kondisi pasar itu kini sangat memprihatinkan, kotor, kumuh dan terlihat semrawut.

Keinginan para pedagang untuk merevitalisasa pasar kumuh tersebut sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Tangerang. Dimana dalam program tersebut Bupati Zaki Iskandar akan merevitalisasi semua pasar tradisional kumuh menjadi pasar tradisional lebih modern. Tentu dengan tujuan, Bupati Zaki ingin mengangkat harkat dan martabat semua pedagang pasar tradisional di Kabupaten Tangerang melalui peningkatan pendapatan mereka.

“Dengan dasar usulan pedagang dan program Pemerintah Kabupaten Tangerang itulah, Pasar Kuta Bumi dalam waktu dekat akan direvitalisasi,” ujar Tony Wismantoro, Direktur Operasional (Dirop) PD Pasar NKR Kabupaten Tangerang ketika ditemui harian ini, kemarin.

Grand Desain Pasar Kutabumi Kabupaten Tangerang.

Dikatakan Tony, luas areal Pasar Kuta Bumi saat ini tidak kurang dari 11.000 meter persegi. Di atas tanah seluas itu, nanti akan berdiri pasar tradisional lebih modern tiga lantai. Latai dasar (basement) untuk pedagang basah, lantai dua untuk pedagang emas, pakain dan lain-lain. Lantai tiga akan dipakai untuk areal parkir dan tembat ibadah, serta penjual makanan dan minuman (food court).

Bagian muka bangunan pasar tersebut, nanti akan menghadap ke semua jalan. Dan dilengkapi parkir luas untuk kendaraan roda dua maupun empat. “Bangunan pasar berdiri di atas tanah seluas 11.000 meter persegi itu akan dikelilingi jalan besar dan areal parkir motor dan mobil,” ucapnya.

“Selama proses revitalisasai, kami akan menyediakan tempat berjualan sementara, hingga para pedagang akan tetap bisa berbisnis dan memenuhi kebutuhan konsumen,” tambah Tony.

Ditemui secara terpisah, Rahmah, pedagang pasar Kuta Bumi mengaku sangat bersyukur atas rencana PD Pasar NKR Kabupaten Tangerang untuk merevitalisasi pasar. “Ya, mau banget, Mas, ketimbang berkecimpung di pasar kumuh dan bau busuk seperti ini terus. Kami bersama pedagang lain sudah setuju,” kata dia.

Senada dikatakan Ikbal, pedagang ikan. “Kami sebagai pedagang butuh tempat layak dan bersih. Bukan pasar kumuh dan tak terawat seperti tempat ini sekarang. Terima kasih PD Pasar NKR dan Bupati Tangerang melalui program revitalisasi pasar Kuta Bumi ini,” pungkas Tony sambil memperlihatkan ibu jari dia, petanda memuji program revitalisasi tersebut. (jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.