Pemkab Tangerang Jalin Kerjasama dengan Institut Teknologi Indonesia

  • Whatsapp

KAB. TANGERANG, (vivabanten.com) – Pemkab Tangerang gelar audiensi dengan Institut Teknologi Indonesia (ITI) sekaligus penandatanganan MoU yang diselenggarakan di Ruang Rapat Solear, Gedung Bupati, Tigaraksa pada Selasa (15/06/2021).

Kerjasama yang akan dilangsungkan terkait program Merdeka Belajar, pengembangan SDM, UMKM, Pengabdian masyarakat dan hal-hal lainnya yang terkait dengan ASN dan Tridarma Perguruan tinggi.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Rektor Institut Teknologi Indonesia (ITI) Marzan Aziz Iskandar beserta jajarannya dan juga PD terkait.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Taufik Emil yang juga menghadiri kegiatan tersebut, menuturkan terlaksananya kegiatan dalam rangka kerjasama Pemkab Tangerang dengan ITI untuk melaksanakan penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

“Kegiatan ini dalam rangka penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat dan nantinya akan ditindaklanjuti oleh perangkat daerah (PD) dalam bentuk kerjasama seperti pengembangan bambu untuk mengangkat kembali ikon dan produktivitas bambu di Kabupaten Tangerang yang nantinya akan dibuat produk unggulan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan sebelumnya kerjasama dengan ITI sudah dirintis untuk penataan Sungai Cisadane terutama wilayah hulu yakni di daerah Cisauk sampai di daerah Lengkong Kulon. Dan kerjasama lainnya dalam bentuk pengabdian masyarakat dari ITI dengan Kab. Tangerang dan perusahaan yang ada di wilayah Kab. Tangerang.

Taufik berharap dari kerjasama ini adanya peningkatan kualitas SDM, baik itu SDM masyarakat, komunitas UMKM dan juga SDM ASN untuk mencapai target program unggulan di Kabupaten Tangerang.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Institut Teknologi Indonesia (ITI) Marzan Aziz Iskandar juga menuturkan harapannya terkait kerjasama ini dengan adanya program Kampus Merdeka bagi mahasiswa yang ingin belajar bekerja.

“Diharapkan kerjasama ini semakin meningkat dan tidak terbatas pada masalah pendidikan tetapi juga penelitian, pendidikan, pengabdian masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, seperti program Kampus Merdeka. Jadi, kami menawarkan Pemkab Tangerang dapat menerima program magang mahasiswa yang ingin belajar bekerja dalam kurun waktu 6 bulan atau mungkin lebih,” tuturnya.

Terkait kerjasama ini, Marzan mengungkapkan hal ini merupakan lanjutan dari yang lalu, seperti percontohan urban farming, yakni pertanian di perkotaan modern di Desa Lengkong, lalu pemberdayaan UMKM dan peluang-peluang untuk memperdayakan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di ITI, seperti sumber daya manusia maupun laboratoria.

Bupati Tangerang pun berharap kerjasama yang terjalin pada hari ini selain membantu program pemerintah daerah dalam sektor pengembangan program pendidikan juga dapat memberikan banyak inovasi serta meningkatkan produktivitas.

“Mudah-mudahan kebersamaan kita hari ini dapat memberikan banyak inovasi serta meningkatkan produktivitas dalam rangka memberikan pelayanan publik khususnya di Kabupaten Tangerang,” pungkasnya. (*/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.