Pemkot Tangerang Raih Penghargaan Prestasi Kinerja Tertinggi untuk Kedua Kalinya

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali meraih penghargaan tingkat Nasional dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk yang kedua kalinya, pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXIII Tahun 2019.

Peringatan Otda yang mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif” digelar di Stadion Diponegoro Penganjuran, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/04/2019).

Bacaan Lainnya

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo kepada Walikota Tangerang, H. Arief R Wismansyah. Penghargaan tersebut, diraih Pemkot Tangerang atas Prestasi Kinerja Tertinggi Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2017.

Sebagai informasi, penghargaan LPPD tersebut didasarkan pada hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2018. Ada 3 (tiga) Provinsi dan 10 (sepuluh) Kota berprestasi kinerja tertinggi secara nasional dan salah satunya adalah Kota Tangerang.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah usai menerima penghargaan mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemkot Tangerang atas capaian tersebut.

“Alhamdulillah, saya sebagai Walikota mengucapkan selamat kepada jajaran Pemerintah Kota Tangerang, hari ini kita mendapatkan penghargaan tingkat Nasional,” ujar Arief.

Selain itu, Walikota berharap penghargaan ini harus bisa jadi motivasi kepada jajaran aparatur Pemerintah kota Tangerang untuk dapat terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya harap kepada teman-teman di lingkungan Pemkot Tangerang, dengan adanya penghargaan ini terus berikan yang terbaik untuk kesejahteran Masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang, Said Endrawiyanto mengungkapan, penilaian penghargaan atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2017 meliputi tiga aspek meliputi penyelenggaraan urusan konkuren (wajib, pilihan dan penunjang), indikator kinerja kunci tataran pengambil kebijakan, indikator kinerja kunci tataran pelaksana kebijakan, dan indikator kinerja kunci tataran pelaksana kebijakan aspek tingkat capaian kinerja urusan wajib dan pilihan, realisasi pelaksanaan rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2018, serta tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan.

“Berdasarkan hasil EKPPD, bahwa peringkat dan status kinerja Kota Tangerang terus meningkat. Sehingga pantas mendapatkan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat,” ujar Said kepada wartawan saat mendampingi Walikota Tangerang saat menerima penghargaan.

Menurut Said, pencapaian penghargaan atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah tidak lah mudah, namun dengan kerja keras semua pihak di masing-masing OPD dalam menjaga transparansi dan ekuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, maka wajar jika Kota Tangerang kembali meraih penghargaan untuk kedua kalinya.

“Sebelum mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat, Pemkot Tangerang juga meraih penghargaan dari Provinsi Banten atas kinerja yang sama dan kemudian ke tingkat nasional. Penghargaan kali ini merupakan penghargaan yang kedua kalinya,” pungkasnya. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.