Pemkot Tangsel Perketat Pengawasan Orang Asing

  • Whatsapp

TANGSEL, (vivabanten.com) – Mudahnya warga negara asing masuk wilayah Indonesia khususnya Kota Tangerang Selatan membuat Badan Kesbangpoluntuk menggelar pertemuan dengan sejumlah OPD dan unsur muspika, dalam dialog optimalisasi fungsi dan peran pemerintahan daerah dalam pemantauan orang asing, Jumat (15/12/2017) sore di rumah makan kawasan BSD, Serpong

Tangsel sangat welcome kehadiran warga negara asing yang bekerja di kota yang baru saja berulang tahun kedua ini,mengingat banyaknya perusahaan asing berkantor dikawasan Tangsel dan sekitarnya.

Kepala Badan Kesbangpol, Azhari Syam’un mengatakan, perlunya pengawasan dan pemantauan warga negara asing yang bekerja dan aktif hilir mudik di Tangsel.

“Mengacu kepada Permendagri No. 49 dan 50 tahun 2010 bahwa daerah berkewenangan melakukan pemantauan terhadap adanya aktifitas warga negara asing. Intinya bahwa perlu pencegahan terjadinya permasalahan akibat tindakan orang asing yang berada di Tangsel,” ujarnya.

Menurut Azhari, tupoksi instansi atau lembaga terkait harus berani membentuk adanya pengawasan keberadaan warga asing ataupun ormas asing.

“Untuk mengatur dan mengawasi warga negara asing ini, dinas atau lembaga yang berwenang harus berani membentuk sebuah sistem pengawasan,” tandasnya.

Sementara itu, M. Arsyad mewakili pejabat Kejari meminta persoalan orang asing harus diprioritaskan pengawasan dan pemantauannya mengingat banyaknya visa kunjungan wisata disalahartikan, bahkan visa kerja menjadi ladang usaha bagi wisatawan asing itu sendiri dengan mrmanfaatkan peluang yang ada di Indonesia.

“Saya sangat setuju dengan mengacu kepada Permendagri no. 49 dan 50 yang patut ditindaklanjuti oleh pemerintahan daerah,” tukasnya.(diaz/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.