Pemkot Tangerang Gelar Konsinyering, Konsolidasi, Data dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2019

  • Whatsapp
Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah saat membuka acara Konsinyering, Konsolidasi, Data, dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan (LK).

TANGERANG, (vivabanten.com) – Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah hadir pada kegiatan Konsinyering, Konsolidasi, Data Dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan (LK) SKPD Pemerintah Kota Tangerang TA 2019 berlokasi di Mercure hotel BSD City Tangerang Selatan, Kamis (23/1/2020).

Penyusunan Laporan Keuangan SKPD sebagai bahan penyusunan LKPD TA 2019 dalam rangka pertanggung jawaban keuangan atau pelaksanaan APBD TA 2019 tersebut dilaksanakan hingga esok hari, Arief mengimbau penyusunan LK bisa rampung tepat waktu.

Bacaan Lainnya

“Dalam kurun waktu 2 hari saya harapkan sudah ada progresnya, bulan Januari sudah masuk pada minggu ke 3 semoga bisa rampung tepat waktu atau lebih baik lagi sebelum batas waktu yang telah ditetapkan sudah bisa kita laporkan,” ujar Arief.

Menurut Arief maksud dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar seluruh SKPD dan PPKD dapat memahami alur penyusunan dan mampu menyusun laporan keuangan secara baik dan benar.

Tak lupa Arief singgung soal pengadministrasian, ia meghimbau agar pegawai lebih teliti dan tertib administrasi sehingga tidak ada lagi permasalahan dikemudian hari.

“Agar lebih tertib administrasi, teliti dalam penggunaan anggaran dan penyusunan laporan pertanggungjawaban anggaran yang telah dikeluarkan sehingga tidak ada lagi kasus hukum karena maladministrasi dikemudian hari,” ucapnya.

Selain itu, Arief juga mengingatkan agar peran para kepala Dinas, Badan, Kantor dan Camat. Harus mengawal dan mengawasi secara terus menerus agar mutu pelaporan yang dibuat semakin baik dan bisa meminimalisir segala bentuk penyelewengan atau ketidak sesuaian penggunaan anggarannya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Tangerang, Karsidi mengungkapkan, maksud dan tujuan diadakannya kegiatan tersebut, agar SKPD dapat memahami proses penyusunan dan mampu menyusun laporan keuangan yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Neraca dan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK).

Karsidi menambahkan, kegiatan konsinyering ini juga adalah salah satu jembatan Pemkot Tangerang bisa meraih gelar WTP untuk yang ke 12 kali nya. Konsinyering ini bukan semata-mata hanya mengejar prestasi, tapi harus menjadi kewajiban.

“Konsinyering ini wajib kita laksanakan, sebagai bentuk tanggung jawab kita pada APBD. Kita Harus mengawal dan mengawasi secara terus menerus agar mutu pelaporan yang dibuat semakin baik,” tanadas Karsidi. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.