Perkembangan Teknologi Dimulai Dari Mencipta

  • Whatsapp
D.Pebrian, S.Pd

 

D.Pebrian, S.Pd

Oleh :
D Pebrian

Rene Descartes dalam Discourse on Method (1637) merumuskan prinsip pertama filsafatnya dalam bahasa latin: Cogito, ergo sum. Sedang dalam bahasa Indonesia artinya aku berpikir, maka aku ada (Synnott, 2003: 48).

Aku berpikir maka aku ada, prinsip tersebut sejatinya merupakan eksistensi dari pemikiran manusia dan sesuatu yang absolut yang dimiliki oleh setiap individu. Sebab meskipun pemikiran individu beragam di dalamnya tentang hal apapun, maka tetap saja pemikiran adalah sumber segala perkembangan dan kemajuan. Pemikiran dapat berupa gagasan, ide atau pembaruan dari sebuah kehidupan, sebab dari segala macam pemikiran yang ada, maka dapat timbul hal-hal baru yang mengarah kepada proses perubahan.

Berangkat dari prinsip filsafat Descartes, dapat dijabarkan bahwa sebuah pemikiran yang berhasil dikembangkan tentu akan membuat seseorang diakui keberadaannya. Sebab pikiran sendiri bagi Descrates ialah suatu benda berpikir yang bersifat mental bukan bersifat fisik atau material. Sehingga gagasan merupakan modal awal dari segala bentuk perkembangan. Saat ini segala bentuk perubahan sudah sangat terasa berkembangannya dengan pesat. Terciptanya kecanggihan teknologi yang terus berinovasi, membuat setiap individu bersaing mengolah pemikiran dengan mengimplementasikannya kepada mencipta sesuatu hal yang baru.

 

Berfikir adalah legitimasi orang yang produktif

Kepribadian kita akan diwujudkan dalam totalitas sikap dan tingkah laku yang kita kerjakan. Di sini kita mengenal dengan apa yang disebut dengan identitas. Identitas adalah tanda diri kita, menunjukkan siapa kita, tetapi jika tanpa adanya sebuah legitimasi yang kita tunjukkan tentu siapapun tidak akan mengenal identitas kita secara total. Legitimasi tersebut bisa kita tunjukkan melalui sebuah pemikiran atau gagasan yang konkret dengan diimplemetasikannya ke dalam sebuah tindakan yang menghasilkan karya.

Setiap individu adalah subjek sebagai bagian integral dari sebuah kelompok, subjek yang bertindak, subjek langsung kaitannya dengan sebuah pemahaman yang dimilikinya. Keberhasilan pemahaman akan sesuatu setiap individu tergantung pada jenis kegiatan atau bidang yang tekuni.
Dalam hal teknologi, tentu kita mengetahui bahwa si pencipta teknologi tercanggih di Negara-negara maju misalnya ; Amerika, Jepang, dan Germany. Mengembangkan saint dan teknologi secara totalitas, yang didominasi oleh para pekerja keras dan pemikir. Tidak main-main Negara tersebut memiliki kecanggihan teknologi yang luar biasa dan diakui oleh dunia. Hal ini dikarenakan hasil pemikiran mereka dapat diimplematasikan langsung ke dalam perbuatan. Tentu sangat berbeda bagi orang yang malas berfikir, jangankan untuk membuat sesuatu, bahkan gagasan atau ide yang dipikirkan tidak ada. Jadi bisa kita cerna secara logika bahwa orang yang berfikir mereka akan jadi lebih produktif menciptakan sesuatu hal yang baru.

 

Perkembangan teknologi sebagai kebutuhan hidup

Teknologi berkembang dan dibuat atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia menjadi lebih praktis. Kata teknologi menggambarkan sebuah penemuan baru, berupa alat yang baru diciptakan. Zaman serba canggih saat ini kepraktisan dan efesiensi menjadi pokok utama untuk membuat sebuah produk, sehingga peran teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia sesuai dengan bidangnya.

Di era globalisasi ini hampir semua kegiatan yang dilakukan tidak dapat terlepas dari kebutuhan kita terhadap teknologi baru yang tercipta. Hampir semua aspek kehidupan kita selalu berhubungan dengan perkembangan teknologi. Sebagai bukti pendukung coba cermati perkembangan teknologi sebuah mesin yang mampu meciptakan sebuah produk yang diproduksi secara massal dengan jumlah ratusan ribu unit setiap tahunnya. Hal itu misal dalam konteks satu atau dua perusahaan saja, maka jika di setiap perusahaan menciptakan produk yang berbeda-beda maka jelas teknologi mesin yang dibuat beragam pula dari setiap pemikiran individu yang berbeda.

 

Sebaiknya menjadi pencipta bukan sebagai pengguna

Berfikir adalah proses sebelum mencipta, jika diperhatikan kondisi karakteristik pemakai dan penikmat kecanggihan teknologi di Indonesia. Secara keseluruhan dapat dikatakan baru dalam tahapan cara menggunakan suatu alat terbaru milik Negara lain. Kurangnya pengetahuan sebagian besar masyarakat kita atau kurangnya wadah yang memerhatikan perkembagan teknologi ini menjadi pekerjaan rumah bersama bagi kita. Perkembangan industri sebuah perusahaan menuntut target dan efesiensi yang sangat berandil untuk kemajuan serta kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Saat ini mayoritas perusahaan yang ada di Indonesia masih menggunakan mesin-mesin berteknologi dari luar negeri sebagai penunjang utama agar tetap bisa memproduksi sebuah produk sesuai harapan.

Begitu besarnya manfaat teknologi memang menjadi kebutuhan bagi industri, namun kelemahan yang kita alami adalah ketertinggalan kita, karena sumber daya manusia di Indonesia hanya sebatas bisa menggunakannya saja dan belum kepada proses mencipta. Sehingga bukan lagi menjadi sebuah enlightening technology tetapi justru dianggap sebagai penyebab turunnya minat untuk menciptakan hal baru karena terbiasanya menggunakan. Oleh karena itu kita sebagai bangsa yang masih baru dalam mengikuti perkembangan teknologi baiknya memulai suatu perubahan dengan menciptakan hal-hal yang sederhana agar tidak melulu bergantung pada teknologi buatan asing.

 

Menciptakan adalah menginginkan adanya perubahan

Tentu kita mengetahui siapa Thomas Alva Edison, dia merupakan salah satu penemu yang paling memberikan kontribusi besar bagi dunia, berkat temuannya yaitu lampu pijar. Temuan dari hasil riset dan pemikirannya tentu bukanlah sesuatu yang biasa saja. Keberhasilannya menemukan lampu pijar diawali dengan pemikiran yang panjang dan kerja keras yang tidak mengenal menyerah. Thomas melakukan percobaan hingga 10083 kali, bisa kita bayangkan jika Thomas pada saat itu menyerah, tentu tidak ada perkembangan teknologi berkelanjutan dan kita tidak akan menemui lampu yang bisa kita nikmati hasilnya sekarang. Hal tersebut membuat kita merenung bahwa proses mencipta pasti memerlukan pemikiran dan kerja keras. Setiap proses mencipta pasti ditemukannya masalah serta kegagalan, namun jika kita tidak pernah memulai dan mencobanya bagaimana kita mengetahui hasilnya?.

Pada akhirnya kemajuan teknologi adalah hal yang tidak bisa kita bendung dalam kegiatan di setiap kehidupan ini. Kemajuan teknologi akan terus berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang juga berkelanjutan mengalami kemajuan serta perubahan di setiap bidangnya. Inovasi selalu bermunculan dan diciptakan untuk memberikan manfaat yang positif bagi kemudahan hidup manusia. Selain itu inovasi sebuah teknologi yang diciptakan membuat kita menemukan cara baru dalam melakukan aktifitas keseharian. Khusus dalam bidang teknologi, manusia sudah begitu menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, tapi bagi kita yang hanya berdiam diri sebagai penikmat dan penonton kecanggihan itu, tentu ini menjadi sebuah ketertinggalan kita untuk berkembang dan mandiri. Maka apapun itu jika kita ingin mengalami adanya sebuah perubahan dan perkembangan, mari ciptakanlah sesuatu yang baru sebagai langkah awal bahwa diri kita tidak stagnasi serta menunjukkan bahwa diri kita adalah individu yang berfikir. Sehingga dapat dibenarkan prinsip Descartes, bahwa hasil pemikiran yang kita tuangkan ke dalam sebuah tindakan, nantinya akan terciptanya sebuah hal baru dan kehadirannya dianggap ada oleh setiap orang yang mengetahui serta mengakui sebuah karya hasil ciptaan kita. Semoga.!

D Pebrian
Maintenance Electric & Machine Of PT. Surya Toto Indonesia, Tbk
(Divisi Fitting Serpong Tangerang Selatan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.