Petugas DPU Angkut Eceng Gondok di Situ 7 Muara Pamulang

  • Whatsapp

TANGSEL (vivabanten.com) – Tumbuh subur memenuhi Situ 7 Muara di Pamulang, Kota Tangsel. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane bergotong-royong membersihkan enceng gondok.

Aksi bersih-bersih ini dilakukan untuk meminimalisir potensi banjir yang disebabkan karena aliran Situ tertutup enceng gondok. Apalagi, musim penghujan sudah mulai berlangsung.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Aries Kurniawan menjelaskan pembersihan tersebut tidak hanya dilakukan di Situ 7 Muara namun juga Situ Sasak Pamulang.

Meskipun sebenarnya ini merupakan tanggung jawab dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), namun Dinas Pekerjaan Umum bersama turut membantu bersama-sama melakukan pembersihan enceng gondok tersebut.

“Kita mengerahkan sebanyak 54 petugas bersama dengan BBWS, dan membersihkan sebanyak 72 kubik enceng gondok atau 12 truk sampah. Lalu dibuang ke TPA Cipeucang,” katanya, Selasa (03/11/2020).

Jika dibiarkan, enceng gondok ini akan menjadi masalah besar ketika musim penghujan sudah turun secara berkelanjutan.

Ia menyebut, enceng gondok bisa menjadi penyumbat aliran air menjadi tidak lancar.

“Ini yang kami antisipasi. Kami tidak ingin nantinya aliran air terhambat akibat enceng gondok. Kami ingin mengantisipasi banjir dari penumpukan enceng gondok ini,” ungkapnya.

Tidak hanya Situ 7 Muara, untuk Situ Sasak pun Dinas Pekerjaan Umum sedang melakukan pengerukan lumpur di saluran air.

“Kita mengeruk lumpur dengan meminjam alat dari BBWS, karena Situ Sasak merupakan output dari Kali Kedaung. Jika terjadi penumpukan lumpur akan menyebabkan banjir di wilayah BPI, MA, sehingga dengan dilakukannya pengerukan sebagai antisipasi,” katanya. (*/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.