Pipa Gas Milik PT. CNOOC di Tengah Laut Bocor

  • Whatsapp

SERANG, (vivabanten.com) – Pipa Gas milik PT. CNOOC yang berada di ditengah laut sekitar 3-5 Mil dari Perairan Pulau Panjang alami diduga mengalami kebocoran, Senin (09/07/2018).

Kebocoran tersebut diketahui pertama kali dari laporan Misnan, masyarakat pulau panjang yang akan menyebrang ke pulau panjang yang melihat semburan dari dalam laut di sebelah barat pulau panjang.

“Kurang lebih sekitar pukul 09.10 pagi tadi, pas mau nyebrang ke pulo panjang saya kaget liat ada semburan air laut, langsung saya laporin,” ujar Misnan kepada wartawan.

Menurut Kepala Pusdalops BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma mengatakan, informasi diterima pada jam 13.00 WIB bahwa telah terjadi semburan air laut yang disebabkan oleh kebocoran jalur Pipa Gas PLTGU yang berada ditengah laut sebelah barat pulau panjang.

“Setelah kita kordinasikan, kita langsung memberangkatkan tim ke Perairan Bojonegara,” katanya.

Di lokasi yang dilaporkan lanjut Nana, ternyata benar ada semburan air laut, yang setelah di cek akibat kebocoran pipa gas bawah laut milik PT. CNOOC yang berada pada titik koordinat 05°-55-052 S dan 106°-07-075 E.

“Semburan air tersebut akibat ada pipa gas milik PT. CNOOC yang merupakan jalur suplai gas pembangkit listrik dari PT. CNOOC ke turbin PT. PLTGU Cilegon, sehingga mengakibatkan salah satu turbin PT.PLTGU mati,” jelasnya.

Tim yang tergabung dari BPBD Kabupaten Serang, Basarnas Banten, Mabes PolAir Banten 1010, Pemerintah Kecamatan Puloampel, Personil MUP Bojonegara, Personil RIB dan pihak PT.CNOOC langsung lakukan investigasi terkait kebocoran tersebut.

“Pada jam 13.45 WIB tadi semburan gas sudah dinyatakan berhenti dan Dari hasil investigasi langsung di lapangan, kebocoran tersebut disebabkan terkena Jangkar Kapal Besar Berbendera Jepang yang berada di lokasi kejadian,” pungkasnya.

Saat ini Teknisi Dari pihak PT. CNOOC telah menutup katub pipa jalur gas untuk menanggulangi kebocoran tersebut sedangkan Kapal Jepang dalam penanganan pihak PolAir.(pais/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.