Polair Polres Serang Kota Dilatih Penanganan Korban Tenggelam

  • Whatsapp

SERANG, (vivabanten.com) – Guna kesiapan serta kecepat tanggapan dalam penanganan korban tenggelam, Satpolair Polres Serang Kota lakukan latihan rutin penangan korban tenggelam dilaut wilayah zona laut Polres Serang Kota, Selasa, (29/01/2019).

“Latihan rutin yang dilakukan empat sampat lima kali dalam sebulan ini, kita lakukan guna melatih kemampuan diri personil seperti berenang, evakuasi, pengangkatan mayat, penanganan pertama jika korban masih hidup, tehnik evakuasi,” kata Kasatpolair Polres Serang Kota AKP Entang Chahyadi, Selasa, (29/01/2019).

Bacaan Lainnya

Walaupun jumlah personil yang masih terbatas, kata Entang, namun hal tersebut bukan satu halangan untuk lakukan pengabdian dan melayani masyarakat.

“Kalau jumlah personil kita disini seluruhnya ada 13 personil, dengan jumlah tersebut, untuk kebutuhan kantor memang kurang banyak, namun tidak jadi halangan,” jelasnya.

Dengan luas wilayah laut sekitar dua puluh kilo meter dari bibir pantai sambung Entang, Polair Polres Serang kota mempunyai tiga unit kapal Patroli, serta satu unit Raberbott untuk evakuasi sungai.

“Untuk alat kita alhamdulilah sudah cukup memadai guna menjangkau seluruh wilayah laut kita, serta menunjang kerja kita disini,” ucapnya.

Secara letak wilayah Kota Serang yang mempunyai garis pantai yang lumayan luas dan jalur sungai yang banyak, Entang mengimbau, untuk masyarakat khususnya nelayan baik yang berwisata ataupun melaut, agar selalu memperhatikan cuaca, serta alat keselamatan yang sudah diatur oleh perundang undangan agar lebih bisa meminimalisir kecelakaan atau musibah dilaut

“Karena cuaca dilaut memang tidak bisa ditentukan, artinya dapat berubah sewaktu-waktu, agar senantiasa memperhatikan faktor keselamatan terutama alat-alat keselamatan di laut, agar lebih bisa meminimalisir kecelakaan atau musibah dilaut,” pungkasnya.(pais/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.