Program BPNT Mangkrak, Puluhan Masyarakat Demo

  • Whatsapp
SIGMA
Solidaritas Gerakan Masyarakat (Sigma) Pandeglang saat melakukan unjukrasa di depan kantor Bupati Pendeglang.

PANDEGLANG, (VB) – Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Solidaritas Gerakan Masyarakat (Sigma) Pandeglang, menggelar aksi unjukrasa di kantor Bupati Pandeglang, Rabu (12/2/2020).

Aksi ujuk rasa tersebut, mempertanyakan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun anggaran 2020 yang sampai saat ini belum direalisasikan oleh Pemkab Pandeglang.

Kordinator lapangan Solidaritas Gerakan Masyarakat, Aris Doris mengatakan, dalam aksinya bahwa program tersebut merupakan hak masyarakat kecil yang selalu dinanti.

Diketahui bahwa pengiriman saldo kepada masyarakat pertanggal 5 sampai 10 dalam setiap bulannya.
“Namun apa yang terjadi dari Januari sampai Februari ini belum juga direalisasikan kepada masyarakat kecil, semua keluarga penerima manfaat menantikannya,” ujar Aris kepada wartawan disela aksi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pandeglang Nuriyah menjelaskan, terlambatnya penyaluran program BPNT untuk tahun 2020, lebih disebabkan karena adanya pergantian program yang diluncurkan oleh pemerintah pusat.

“Kenapa sampai terlambat, kita dapat program ini sosialisasinya di tingkat pusat itu 16 januari lalu, pada saat itu Pedoman Umum belum ada, barulah diakhir januari Pedum ada. Tapi sampai saat ini Juknis belum ada,” kata Nuriyah saat ditemui di Pendopo Bupati Pandeglang.

Nuriyah menjelsakan, selain belum adanya Petunjuk Teknis Program Sembilan Bahan Pokok, realisasi program BPNT ini juga menunggu Evaluasi program 2019 lalu yang dilaksankan oleh Bank Indonesia.
Meski begitu, Nuriyah memastikan, bahwa uang KPM dari Januari sampai Febuari tidak akan hilang dan bisa digunakan saat realisasi program BPNT.

“Uang mereka yang sudah ada di KPM dari januari sampai februari itu tidak hilang dan itu saya sudah tanyakan ke BI,” pungksanya. (tot/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.