Proyek Jembatan Situ Gede Kota Ayodhya Disegel Pemprov Banten

  • Whatsapp
Proyek Jembatan Situ Gede Kota Ayodhya
Petugas dari DLH dan beberapa OPD dari Provinsi Banten saat melakukan penyegelan proyek jembatan Situ Gede.

TANGERANG, (vivabanten.com) – Pemerintah Provinsi Banten akhirnya menyegel proyek pembangunan jalan dan Jembatan Situ Gede Kota Ayodhya, Kota Tangerang.

Penyegelan tersebut dilakukan lantaran kontraktor, yakni PT. Wijaya Karya Beton dan pemilik proyek PT. Alfa Goldland Realty diduga tidak mengantongi izin pemanfaatan lahan situ milik Pemprov Banten.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten, M. Husni Hasan.
”Kami segel karena mereka (pihak ketiga-red) belum mengantongi Izin Pemanfaatan Lahan Situ Gede. Padahal itu aset Pemprov Banten, enak aja main bangun aja,” tegas Husni.

Menurut Husni proyek yag dimulai sejak 7 Oktober 2019 dan akan berakhir pada 30 Juni 2020 ini, sudah dalam proses pengurukan. Pihak ketiga, memang mengantongi IMB dan Izin Lingkungan dari Pemkot Tangerang.

”Tapi pengeluarin IMB itu lantaran Pemkot Tangerang melihat master plan dan tidak melihat lahan yang akan dibangun aset siapa dulu. Sedangkan DLH Kota Tangerang, mengeluarkan izin permohonan untuk penataan situ, bukan pemanfaatan,” ucapnya.

Husni menegaskan, izin-izin itu tidak dapat digunakan apabila izin pemanfaatan lahan dari Pemprov Banten belum dikantongi pihak ketiga. Untuk itu, pihaknya melakukan penyegelan.
Dalam penyegelan tersebut sambung Husni, ada beberapa pejabat eselon II yang hadir.

”Selain disegel, kami juga akan mengawasi. Kalau merusak segel, pidana,” tandasnya.

Husni mengaku, pihaknya mendapatkan informasi pemanfaatan Situ Gede dari Gubernur Banten Wahidin Halim. Untuk itu, dirinya bersama sejumlah kepala OPD lainya langsung menindaklanjutinya dengan melakukan penyegelan.

Terpisah, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Pembangunan DPMPTSP Kota Tangerang, Sasa Sukmana mengatakan, perizinan proyek jalan dan jembatan Situ Gede Kota Ayodhya sudah ada.

”Izinya jalan dan jembatan Situ Gede akan saya cek dulu. Karena sekarang saya lagi rapat,” tandasnya. (jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.