Risno Peserta JKN-KIS Rasakan Manfaat dan Rutin Bayar Iuran

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) Salah satu segmen kepesertaan Program JKN-KIS adalah Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Peserta yang masuk dalam kepesertaan PBPU membayarkan iuran JKN-KIS secara mandiri melalui channel pembayaran yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Salah satu peserta yang merasakan manfaat dari iurannya setiap bulan kepada BPJS Kesehatan adalah Risno. Ditemui di Rumah Sakit Dinda Kota Tangerang, Risno menceritakan tentang sakit yang dideritanya.

Bacaan Lainnya

“Saya ada gangguan di bagian empedu, rasanya nyeri sekali. Akhirnya saya ke Rumah Sakit Dinda yang terdekat dan dirawat sampai sekarang. Setelah dicek ternyata ada batu di empedu saya. Sedang dalam pantauan dokter ini,” ujar Risno.

Selama menjalani perawatan di rumah sakit, Risno mengaku tidak ada kendala yang ia alami. Pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit baik dan memuaskan. Risno diberikan tindakan medis yang sesuai dengan penyakit yang dialami.

“Alhamdulillah saya lancar berobat disini, tidak ada kendala atau hal-hal tidak menyenangkan yang saya alami. Dulu saya diimbau oleh ketua RT di lingkungan saya. Ayo daftar BPJS secepatnya, begitu kata RT saya. Dan ternyata sekarang memang manfaatnya besar. Untuk itu, saya juga berkomitmen rutin melakukan pembayaran iuran, dibantu anak saya yang mengurus pembayarannya,” ujar Risno.

Saat ini BPJS Kesehatan memiliki inovasi untuk mencegah peserta PBPU mengalami keterlambatan pembayaran iuran. Inovasi tersebut adalah sistem pembayaran iuran secara autodebet. BPJS Kesehatan bekerjasama dengan bank mitra untuk bisa memotong langsung iuran peserta PBPU langsung dari rekening.

Dengan membayarkan iuran tepat waktu maka peserta terhindar dari penonaktifan kartu JKN-KIS dan denda pelayanan jika rawat inap. Selain itu kolektabilitas dan sustainbilitas Program JKN-KIS bisa terjaga. (uyat/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.