Serap Aspirasi Warga Melalui Musrenbang

  • Whatsapp

Musrembang Kelurahan Pondok Pucung

TANGERANG, (vivabanten.com) – Dalam rangka mewujudkan pembangunan Kota Tangerang, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan.

Bacaan Lainnya

Hal itu, merupakan mekanisme yang harus dilaksanakan oleh pemerintah kelurahan untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam rangka melaksanakan pembangunan dan acuan bagi pemerintah kota untuk menggelontorkan program-program sesuai kebutuhan masyarakat.

Lurah Pondok Pucung, Hendriyanto mengatakan, fungsi dari Musrenbang adalah untuk menampung aspirasi masyarakat terutama yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat, itu menjadi skala prioritas kami.

“Jadi program-progam Pemerintah Kota Tangerang yang nantinya didelegasikan ketingkat Kecamatan, yang mana usulannya berasal dari Kelurahan Pondok Pucung berdasarkan aspirasi warga Pondok Pucung,” ujar Hedri, Senin (29/1/2018).

Dia melanjutkan bahwa Musrenbang ini memang menjadi acuan Pemerintah Kota untuk pembangunan baik Pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik, karena semuanya merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan dalam membangun kota untuk menjadi lebih maju.

“Ia mencontohkan Pembangunan non fisik itu, seperti memberi kesadaran dan sosialisasi kepada warga. Agar mereka tahu apa saja yang telah dibangun oleh Pemerintah Kota Tangerang dan bagai mana cara menjaga juga merawat fasilitas yang sudah ada, jadi agar mereka tidak masa bodoh atau cuek dengan konsisi yang ada, harus di tumbuhkan kepedulian,” tegasnya.

Dia menambahkan, penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba, atau pelatihan keterampilan dalam bekerja juga merupakan pembangunan non fisik yang bisa diserap melalui Musrenbang.

“Hal itu sebenarnya sangat dibutuhkan oleh para generasi muda, sebab dengan adanya itu insallah generasi muda bakal terhindar dari hal-hal negatif, namun yang paling penting adalah bagai mana menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat,” paparnya.

Ia juga mengatakan, dengan adanya musrenbang ini, diharapkan masyarakat lebih peduli dan khususnya RT/ RW bisa lebih proaktif dan produktif membawa dan mengawal usulan masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing.

“RT RW itu mempunyai kewajiban untuk memonitor lingkungannya sendiri, mulai dari warga, perkepala keluarga, kemudian terkait dengan infrastruktur yang ada, nah dengan hal seperti ini nantinya bisa diusulkan disini,” imbuhnya.

Sementara itu, Abdul Muhidin, ketua RT 01/04 Kelurahan Pondok Pucung mengatakan, kegiatan itu sangat bagus, sehingga pihaknya dapat mengusulkan pembangunan-pembangunan yang ada di lingkunganya.

“Misalnya pembangunan drainase dan jalan lingkungan, sebenarnya yang menjadi proritas di RW 04 ada Posyandu, namun kita belum memiliki lahan untuk membangunya,” terang Muhidin.

Dia menambahkan, semua pembangunan yang diusulkan pada musrenbang 2018 Kelurahan Pondok Pucung, dapat akomodir secara keseluruhan.

“Mudah-mudahan usulan pembangunan Posyandu kita juga dapat terlaksana, drainase juga sudah tidak ada yang mampet dan jalan lingkungan sudah tidak ada lagi yang becek,” harap Muhidin. (jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.