Setiap Bulan Mengiur JKN-KIS, Maswah Ikhlas Bantu Sesama

  • Whatsapp

TANGERANG, (vivabanten.com) – Gotong royong adalah prinsip dasar penyelenggaraan Program JKN-KIS. Gotong royong yang dimaksud adalah gotong royong dalam pembayaran iuran.

Semua peserta baik yang sehat maupun yang sakit wajib menjalankan kewajiban pembayaran iuran setiap bulan. Prinsip gotong royong ini harus dipahami betul oleh setiap peserta. Dengan pemahaman ini maka peserta akan dengan sadar membayarkan iurannya setiap bulan.

Muat Lebih

Maswah, salah satu peserta Program JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) bercerita tentang kontribusinya dalam Program JKN-KIS. Bertemu saat menemani suaminya menjalani pengobatan rawat inap, Maswah berbagi cerita.

“Suami saya sakit wasir. Sebelumnya kami sudah datang ke klinik kemudian mendapatkan rujukan ke Rumah Sakit Islam Sari Asih Ar-Rahmah. Alhamdulillah pelayanan yang diberikan dari rumah sakit baik. Saya dan suami merasa puas dan tenang dalam berobat,” ujar Maswah.

Maswah menjelaskan, selama proses pengobatan suaminya, pelayanan dari rumah sakit baik dan cekatan. Tidak ada perbedaan pelayanan antara satu pasien dengan pasien yang lain. Selain puas dengan pelayanan  yang ada, Maswah juga rutin membayarkan iuran. Baginya, iuran yang ia setorkan setiap bulan melalui pemotongan gaji akan membantu peserta lain yang membutuhkan. Ia pun ikhlas dan bersedia dengan senang hati untuk terus mengiur.

“Saya setiap bulan membayarkan iuran. Setiap bulan saya dipotong gajinya, dan tidak masalah. Membantu sesama adalah yang terpenting. Kalau kita bisa membantu lewat iuran kenapa tidak? Kalau saya tidak sakit, ya alhamdulillah kita bisa berbagi dan membantu yang lain,” ucap Maswah.

Iuran yang dikumpulkan dari semua peserta digunakan untuk membiayai peserta yang sakit. Inilah yang disebut gotong royong, yang sehat membantu yang sakit.

“Kalau kita sudah rutin mengiur, kalau tiba-tiba ada yang sakit maka kita tidak perlu bingung. Jaminan kesehatan kita sudah tersedia dan pasti aktif,” kata Maswah. (yat/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.