Si Awak Cageur, Langkah Pemkab Tangerang Wujudkan Smart City

  • Whatsapp

KAB. TANGERANG, (vivabanten.com) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan peninjauan lapangan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balaraja secara virtual yang bertempat di Aula RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang Banten, Selasa (08/06/2021).

Peninjauan ini merupakan program dari Kemenkominfo guna mewujudkan gerakan menuju Smart City tingkat kabupaten dan kota. Selain itu, peninjauan ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo untuk mengetahui sejauh mana perkembangan implementasi program Smart City di tingkat kabupaten/kota.

Bacaan Lainnya

“Peninjauan lapangan ini bertujuan untuk memberikan dorongan serta motivasi kepeda pemerintah daerah. Ini dilakukan agar selalu ada inovasi baru yang diberikan oleh pemerintah daerah, khususnya guna melakukan percepatan pembangunan agar lebih berkembang,” kata pendamping Konsultan Smart City dari Kemenkominfo, Dr. Harya Widiputra saat memberikan sambutan via Zoom meeting.

Sementara itu, Direktur RSUD Balaraja, dr. Rr. Reniati M.Kes menjelaskan, peninjauan yang dilakukan Kemenkominfo ini dilakukan karena salah satu programnya masuk ke dalam kategori Smart Society. Dimana di dalamnya terdapat suatu sistem yang di beri nama “Si Awak Cageur”.

“Si Awak Cageur ini merupakan sistem aplikasi berbasis Whatsapp, dimana nantinya bertujuan untuk memberikan informasi kepada pasien seperti reservasi online, mencari informasi yang berkaitan tentang fasilitas yang ada pada rumah sakit seperti ketersediaan kamar, dokter yang bertugas dan lain sebagainya,” ujar Reniati.

Dirinya juga menjelaskan, bagi yang ingin menggunakan sistem ini, pengguna cukup menyimpan nomer Whatsapp, setelah itu pengguna dapat menanyakan melalui pesan Whatsapp tentang apa yang ingin ditanyakan. Misalnya, ingin menanyakan seputar jadwal dokter cukup ketik #jadwaldokter #selasa. Nomor Whatsapp yang dapat dihubungi untuk mengakses “Si Awak Cageur” adalah 0813-8805-8882.

“Kami terapkan sistem ini ke Whatsapp mengingat penggunaan Whatsapp sudah familiar di kalangan masyarakat, sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan ini,” ucapnya.

Reniati berharap, semoga pasien yang datang ke RSUD Balaraja dapat terbantu dengan segala fasilitas yang diberikan. Selain itu, RSUD Balaraja akan selalu memberikan perkembangan dan inovasi baru ke depannya, mengingat hal ini sudah menjadi hak dan kewajiban RSUD Balaraja dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Tangerang karena sudah memberikan dukungan begitu besar terhadap pembangunan di RSUD Balaraja, tentunya kami dari RSUD Balaraja akan memelihara dan mengembangkan invoasi lainnya demi pelayanan kepada masyarakat nantinya,” pungkasnya. (*/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.